-->
Mengenal Manfaat Mempelajari Pendidikan Pancasila

Mengenal Manfaat Mempelajari Pendidikan Pancasila

Berbicara tentang pendidikan Pancasila, sebagai matakuliah di perguruan tinggi dan guna mencapai sasaran yang efektif, kiranya perlu disampaikan berbagai hal terkait, di antaranya, manfaat mempelajari pendidikan Pancasila, mengenai asal-usul Pancasila, landasan pendidikan Pancasila, tentang instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1968 perihal keberadaan Pancasila, segi-segi tinjauan Pancasila, hakikat nilai-nilai Pancasila, dan Pancasila sebagai suatu pilihan bangsa.

Bagi para mahasiswa jika mempelajari pendidikan Pancasila pada umumnya untuk memahami dan memperoleh pengetahuan tentang Pancasila secara baik dan benar, dalam arti yuridis konstitusional dan objektif ilimiah.

Yuridis konstitusional, mengingat pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia termasuk melandasi tatanan hukum yang berlaku. Artinya, dalam setiap langkah dan tindakan dari aparat pemerintahan negara yang ada, seperti presiden, para menteri, dan pejabat negara yang lain termasuk DPR/MPR seharusnya selalu mengingat dan mempertimbangkan nilai-nilai luhur yang ada dalam sila-sila Pancasila agar dapat mencerminkan kepribadian dan budaya bangsa yang akan menjadi panutan bagi rakyat pendukungnya. Yaitu, penduduk dan warga negara sehingga terdapt keseimbangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta tegaknya tatanan hukum, seperti yang diharapkan bersama.

Objektif ilimiah, artinya Pancasila sebagai dasar negara adalah suatu nilai kerohanian. Yang masuk dalam kategori filsafat itu adalah pengetahuan. Oleh karena itu, penalaran dan penjabarannya, selain secara objiektif juga ilmiah.

Objektif, mengingat Pancasila bukan miliki subjek tertentu, tetapi milik semua manusia, semua rakyat, dan juga bangsa Indonesia.

Untuk sampai kepada pemikiran yang hakiki tentang Pancasila, manusia harus menggunakan pemahaman secara umum melalui berbagai sudut pandang ilmiah. Karena ilmu pengetahuan harus dinalar berdasarkan teori-teori ilmiah atau pengetahuan umum, seperti bersistem, bermetode, berobjek, dan memiliki kesimpulan sebagai hasil analisis.

Ilmia berarti dinalar melalui akal sehat atau logika. Logika, berfikir secara logis. Dalam matematika, misalnya perhitungan empat kali empat hasilnya enam belas.

Lain halnya, di bidang hukum apabila seseorang terpidana telah dinyatakan bersalah secara hukum dan telah mendapatkan keputusan hukum tetap, harus segera melaksanakan hukumnya sesuai keputusan yang telah ditetapkan tersebut.

0 Response to "Mengenal Manfaat Mempelajari Pendidikan Pancasila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel