Waspada! Ini 10 Ciri-Ciri Diare yang Wajib Diketahui

Waspada! Ini 10 Ciri-Ciri Diare yang Wajib Diketahui


Diare merupakan suatu kondisi dimana feses yang keluar dari tubuh berbentuk cairan dan dengan rasa melilit yang akut di bagian perut. Kondisi ini jika tidak segera ditangani dapat melemahkan kesehatan tubuh penderitanya. Penyebab diare bermacam macam, diantaranya salah makan, alergi pada makanan tertentu atau penyakit pada usus. Namun alangkah baiknya jika kita mencari tahu dahulu apa saja ciri ciri diare yang mudah dikenali seperti ulasan di bawah ini.


1. Sering Buang Air Besar
Diare menyebabkan sistem pencernaan terganggu terutama di bagian perut. Penderita diare umumnya akan menjadi lebih sering ke kamar mandi untuk buang air besar daripada biasanya. Kondisi ini tentunya akan membuat repot bagi mereka yang tengah dalam kesibukan yang tidak bisa ditunda seperti menyusun jadwal atau sedang dikejar deadline. Penderita diare disarankan untuk banyak meminum cairan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh agar tidak terlalu lemas.

2. Demam
Diare juga menyebabkan demam pada tubuh. Hal ini juga disebabkan oleh banyaknya cairan dalam tubuh yang keluar selama buang air besar sehingga metabolisme dalam tubuh terganggu. Untuk menurunkan demam , penderita dapat diberikan obat anti diare atau penurun demam, namun lebih baik menghubungi doter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

3. Badan Menjadi Lemah
Keluarnya cairan tubuh melalui saluran buang air besar dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah. Kondisi ini jika tidak secepatnya di atasi maka penderita diare akan menjadi sangat lemah. Kembalikan kondisi tubuh dengan cairan oralit dan banyak minum air.

4. Feses Encer
Salah satu ciri dari Diare adalah bentuk feses yang encer. Halini terjadi karena terganggunya sistem pencernaan pada perut sehingga makanan yang masuk kedalam tubuh tidak sepenuhnya terserap dan akhirnya terbuang dalam bentuk feses. Kondisi ini bisa dinetralkan dengan mengkonsumsi cairan oralit ( campuran garam dan gula).

5. Muntah Disertai rasa Tak Nyaman Pada Perut
Kondisi perut yang tak nyaman dapat membuat tubuh mengeluarkan kembali makanan yang telah dikonsumsi. Selain memuntahkan kembali makanan, bagian perut juga terasa sangat tak nyaman seperti melilit.

6. Badan Terasa Lesu
Diare dapat menyebabkan badan menjadi lesu dan enggan untuk beraktifitas. Biasanya penderita mengeluhkan bahwa kondisi perutnya sangat tidak nyaman, terasa seperti melilit dan selalu ingin buang air besar.

7. Mudah Haus
Cairan yang banyak keluar dari tubuh penderita Diare akan membuat penderitanya kekurangan cairan. Kekurangan cairan ini tentu saja akan membuat orang yang mengalami Diare menjadi sangat haus. Maka meski perut terasa tak enak, sebaiknya penderita Diare memaksakan diri untuk meminum air, termasuk cairan elektrolit yang dibuat dari gula dan garam.

8. Pegal Pada Punggung
Rasa melilit pada perut dan aktifitas bolak balik ke kamar mandi untuk buang air besar juga akan membuat punggung menjadi pegal. Rasa pegal ini akan hiang dengan sendirinya jika Diare sudah terobati. Rasa pegal pada punggung penderita Diare sebenarnya berasal dari lamanya posisi jongkok atau duduk saat buang air besar.

9. Warna Feses Tidak Normal
Kotoran yang keluar dari tubuh penderita Diare memiliki bentuk encer dengan warna feses yang tidak normal. Bentuk feses ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi rebusan daun jambu, atau memakan buah salak.

10. Rasa Melilit Di Perut
Perasaan melilit yang sangat akan terjadi pada perut penderita Diare. Rasa melilit ini sangat menganggu aktifitas kerja. Untuk mengatasinya, banyak orang yang mengkonsumsi rebusan dari daun jambu. Caranya adalah dengan merebus sekitar 15 lembar daun jambu ditambah dengan setengah sendok garam ,dimasak hingga mendidih, dinginkan lalu diminum.

Baca juga: Anda Bisa Hidup Sehat dengan 8 Metode Ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel