8 Tanaman Obat Terbaik Untuk Hipertensi

8 Tanaman Obat Terbaik Untuk Hipertensi


Alam semesta seisinya diciptakan Tuhan untuk manusia. Dan, alam menyediakan berbagai tanaman obat bagi berbagai penyakit yang diderita manusia meskipun jarang orang yang mengetahuinya. Salah satunya adalah tanaman obat untuk penyakit hipertensi.

Seperti kita ketahui apabila penyakit hipertensi menjadi pemicu seseorang menjadi sensitive, mudah tersinggung dan mudah marah serta membuat penderitanya beresiko terkena serangan jantung, stroke, penyakt ginjal bahkan menjadi penyakit yang mematikan.

Sehingga apabila kita menderita penyakit hipertensi maka harus segera diobati dengan berbagai cara. Selain merubah gaya hidup serampangan menjadi cara hidup sehat, mengkonsumsi obat-obatan adalah solusi untuk penyakit mematikan ini.

Banyak obat yang beredar di pasaran namun obat terbaik adalah obat yang berasal dari tanaman obat yang ada di sekitar kita. Disamping mudah didapat dan murah, obat alami ini tidak membawa efek samping yang akan merugikan kesehatan kita di kemudian hari.

Berikut ini adalah 8 tanaman obat terbaik untuk penyakit hipertensi.

8 Tanaman Obat Terbaik Untuk Hipertensi

1. Daun Salam (Syzigium polyanthum)
Daun yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ini ternyata memiliki manfaat lain bagi kesehatan yaitu menurunkan kolesterol, kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara penggunaan:
• Ambil 10 lembar daun salam yang masih segar
• Cuci lalu rebus ditambah dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas
• Saring lalu dinginkan kemudian minum, sebaiknya malam hari sebelum tidur
• Untuk mendapatkan hasil maksimal, minum ramuan ini setiap  hari sampai tekanan darah anda menurun dan normal kembali.

2. Rumput Laut (Laminaria japonica)
Rumput laut adalah salah satu tanaman obat yang sering digunakan dalam sup miso, es rumput laut dan sayuran. Selain memiliki citarasa yang unik, rumput laut juga berkhasiat menormalkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol dan mencegah aterosklerosis dengan cara mengkonsumsinya dalam berbagai olahan makanan.

3. Mentimun
Karena kandungan mineral potassium yang tinggi, mentimun berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengobati batu ginjal dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi jus.

4. Blewah
Buah yang sering dijadikan campuran es campur ini memiliki kandungan potassium sehingga dapat menjadi obat hipertensi dan masalah ginjal atau kandung kemih.

5. Mengkudu atau Morinda citrifolia L.
Ternyata, Mengkudu atau Pace yang sering digunakan pada ritual pencucian keris pusaka pada bulan Suro ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Caranya:
Ambil buah Mengkudu yang sudah matang lalu blender setelah itu disaring dan ditambahkan madu kemudian minum setiap pagi.

6. Temu Hitam (urcuma aeroginosa Rasb.)
Temu hitam berkhasiat melancarkan sirkulasi dan mencairkan gumpalan darah serta menetralkan racun di dalam tubuh. Dengan tambahan daun dewa, bunga soka siantan dan bunga mawar, dapat dijadikan ramuan obat menurunkan tekanan darah tinggi.

Caranya:
Ramuan yang terdiri dari : 30 gr daun dewa, 25 gr temu hitam, 2 kuntum bunga soka siantan dan 2 kuntum bunga mawar, direbus denga air sebanyak 600 cc. Tunggu hingga tersisa 200 cc lalu saring dan minum airnya. Minum ramuan obat ini 2 kali sehari.

7. Bawang Putih
Bawang putih yang dikenal sebagai bumbu makanan ternyata memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol serta dapat menghancurkan gumpalan darah.

Caranya:
Ambil 3 siung bawang putih, kupas dan cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus. Peras dan tambah air secukupnya lalu minum. Minum ramuan ini 3 kali dalam sehari agar mendapatkan hasil maksimal.

8. Bawang Bombay
Seperti bawang putih, bawang Bombay juga memiliki khasiat yang sama yaitu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol serta dapat menghancurkan gumpalan darah.

Caranya:
Ambil 1 siung bawang Bombay, cuci sampai bersih lalu kupas kulitnya kemudian iris-iris dan makan bersama nasi atau tambahkan lauk lainnya. Untuk mendapatkan hasil optimal lakukan 2 kali sehari.

Demikian pembahasan tentang 8 Tanaman Obat terbaik untuk Hipertensi. Cara hidup modern sekarang ini yang serba cepat mempengaruhi keseharian hidup masyarakat sehingga segala sesuatu dilakukan secara instant dan cepat termasuk dalam memilih obat-obatan dan makanan sehingga memicu berbagai penyakit.

Memang, obat alami membutuhkan waktu dan proses yang harus dilakukan namun dampaknya sangat baik bagi kesehatan tubuh kita karena tidak menganduk efek samping yang membahayakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel