Ini 6 Alasan Kenapa Kurma Bagus Untuk Buka Puasa

Ini 6 Alasan Kenapa Kurma Bagus Untuk Buka Puasa


Tahukah Anda bahawa berbuka puasa dengan buah kurma ternyata bukan saja sekedar tradisi dari masyarakat timur. Nabi kita Muhammad SAW pun memang menganjurkan untuk makan kurma, bahkan Rasulullah sendiri pun sering mengkonsumsi kurma lembek atau basa saat berbuka puasa sebelum beliau melakukan shalat magrib. Jika kurma lembek tidak ada maka beliau akan memakan kurma yang kering, dan jika tidak ada lagi berulah beliau meminum air putih.

Tetapi, hal itu bukan hanya dianjurkan, karena faktanya berbuka puasa dengan buah kurma akan memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa kurma memang mengandung bermacam vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam hal berbuka puasa, kurma juga memiliki bermacam kelebihan atau manfaat yang mana makanan lain tidak memilikinya. Apa saja manfaat atau kelebihan yang dimiliki oleh buah kurma dan benarkah kurma sangat bagus untuk berbuka puasa? Berikut ulasannya.

1. Dapat Dicerna dengan Mudah
Ketika berbuka puasa perut masih dalam kadaan kosong karena baru saja malukan puasa selama berjam-jam, metabolisme tubuh akan berjalan lebih lambat dari biasanya. Perut memerlukan waktu untuk mencerna makanan saat berbuka puasa. Oleh sebab itulah memilih makanan yang sangat mudah dicerna oleh perut seperti kurma sangatlah bagus, supaya perut tidak terkejut dan lelah karena harus bekerja keras secara tiba-tiba untuk mengolah makanan yang masuk.

2.Sebagai Persiapan Bagi Perut Untuk Menerima Makanan Lain
Lansung berbuka puasa dengan makanan yang berat seperti nasi, kue dan sejenisnya, sama halnya dengan memacu mobil dengan kecepatan tinggi tanpa melakukan pemasansan terlebih dahulu. Cara yang sedemikian akan menimbulkan masalah pada pencernaan seperti sakit maag atau diare. Bukan hanya itu, anda juga akan mudah merasa ngantuk dan menimbulkan rasa malas untuk beraktifitas. Pasalnya, tubuh harus melakukan kerja ekstra dalam mengolah makanan sehingga mengurangi asupan ke organ-organ lain.

Itulah yang menyebabkan ngantuk atau malas. Padahal, masih ada beberapa ibadah yang harus dilakukan setelah berbuka selain shalat magrib yaitu shalat tarawih, tadarus alquran dan lainnya, rugi jika itu harus terlewatkan.

3.Akan Mencegah Makan Berlebihan
Perlu untuk diketahui bahwa kurma mengandung serat pangan yang mampu membuat perut merasa cepat kenyang. Karbohidrat yang terkandung dalam buah kurma juga terbilang tinggi. Tidak hanya sebatas itu, kurma juga mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kandungan gula yang terdapat pada buah kurma adalah karbohidrat kompleks yang akan dicerna oleh tubuh secara bertahap sehingga hal itu mampu mengendalikan nafsu yang berkeinginan untuk makan berlebihan karena telah menahan lapas saat berpuasa.

4.Mampu Mengembalikan Energi Dengan Cepat
Saat berpuasa kebanyakan orang akan merasa lemas atau pusing, hal itu dikarenakan kurangnya kadar gula dalam darah akibat dari perut kosong sehingga timbullah rasa lemas atau pusing. Agar keadaan tersebut kembali membuat gula darah normal dan energi kembali kuat, maka minum atau makanlah yang manis-manis seperti buah kurma.

Karena kurma dapat menjadi alternatif sebagai makanan berbuka puasa yang sehat. Gula alami yang dikandung oleh kurma akan segera ditransfer ke liver secara cepat yang kemudian diubah menjadi energi.

5. Dapat Menyehatkan Sistem Pencernaan
Terjadinya perubahan pada jam makan serta kurangnya asupan serat selama menjalani ibadah puasa akan menyebabkan bermacam masalah pada pencernaan. Terlebih lagi kebanyakan orang yang berpuasa justru kalap dan makan makanan yang tidak sehat saat sahur dan beruka puasa.

Sebaiknya konsumsilah buah kurma secara teratur saat berbuka puasa karena mampu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Serat pangan yang terdapat pada buah kurma akan melancarkan pencernaan serta membersihkan usus dari zat racun dan zat berbahaya lainnya.

6. Membuat Keasaman pada Darah Menjadi Normal
Dalam darah terdapat kadar keasaman yang mana seringkali mengalami peningkatan ketika tubuh melakukan pembakaran cadangan lemak sebagai sumber energi yang utama ketika melakukan puasa. Pada tahap inilah terjadinya bau pada mulut yang tidak sedap dan tubuh pun merasa kelelahan. Kondisi tersebut adalah suatu hal yang normal dan tidak perlu takut.

Oleh sebab itu, konsumsilah beberapa butir buah kurma ketika berbuka puasa, hal itu akan membantu mengatasi peningkatan keasamaan yang menyebabkan bau mulut dan kelelahan. Hal tersebut juga akan menormalkan kondisi keasaman darah.

Itulah 6 manfaat yang menjadi alasan kenapa kurma sangat bagus jika dikonsumsi saat berbuka puasa, semoga bermanfaat.

Selamat menunaikan ibadah puasa, terima kasih telah berkunjung di wahana belajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel