Anda Bisa Hidup Sehat dengan 8 Metode Ini

Anda Bisa Hidup Sehat dengan 8 Metode Ini

Semua juga tahu bahwa kesehatan merupakan suatu hal yang tak ternilai harganya, begitulah gambaran betapa mahalnya kesehatan. Memiliki tubuh yang sehat tentunya akan membuat kita dapat menjalani hidup dengan baik dan normal serta dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa adanya gangguan. Itulah tidak heran jika ada orang yang mau melakukan apa saja dan rela membayar seberapa mahalpun untuk bisa mendapatkan kembali kesehatannya agar dapat beraktivitas normal seperti biasa.

Baca juga : Minum Air Putih Setalah Bangun Tidur Ini 5 Manfaatnya

Untuk itu kita haruslah menjaga kesehatan, seperti kata pepatah “menjaga lebih baik daripada mengobati”. Berbicara tentang menjaga tubuh agar tetap sehat sebenarnya bukan merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan dan bahkan tidak membutuhkan biaya mahal. Yang terpenting untuk dilakukan adalah selalu displin serta konsisten dalam menjalani pola hidup sehat. Sebenarnya bagaimana sih pola hidup sehat tersebut? Berikut saya ulas beberapa tentang bagaimana menjalankan pola atau metode hidup sehat.

1. Kurangilah Mengkonsumsi Daging


Para ahli dari University of California melakukan penelitian tentang daging dan didapatkan fakta bahwa orang yang tidak  mengkonsumsi daging terlalu banyak atau berlebihan dan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran dan buah dapat memiliki umur yang lebih panjang.

Sementara itu, penelitian juga dilakukan oleh Harvard T.H Chan School of Public Health, para ahli menuturkan bahwa kandungan zat besi yang terdapat pada daging merah dapat menghabat kerja insulin dan mampu merusak sel prankeas. Menurut survey yang dilakukan pada lebih 400 ribu orang tersebut didapatkan fakta bahwa mengurangi konsumsi daging merah akan menurunkan resiko terhadap seseorang untuk terkena diabetes sebanyak 35%.

2. Rutin Berolahraga


Perlu diketahui bahwa melakukan olahraga secara teratur dapa memberi manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh, termasuk mampu meningkatkan rentang hidup, menjaga berat badan tetap ideal, meningkatkan kepadatan tulang dan mampu menurunkan risiko terhadap berbagai penyakit. Oleh karena itu, berolahragalah dengan rutin dan teratur minimal 3 kali dalam seminggu.

3. Beristirahatlah dengan Cukup


Untuk menunjang kesehatan tubuh, memiliki waktu untuk beristirahat dengan cukup adalah penting. Menurut yang dikemukakan oleh para pakar kesehatan, tidur yang ideal bagi orang dewasa minimal 8 sampai 9 jam per hari. Karena itulah jangan terlalu sering begadang, cukupilah waktu untuk tidur agar tubuh tetap fit dan sehat.

Selain untuk dapat tidur secara cukup, memiliki keteraturan untuk bangun tidur di setiap harinya juga memiliki pengaruh penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

4. Minum Air Putih yang Cukup


Seperti yang kita ketahui bersama, dalam tubuh manusia 80%nya adalah air. Oleh sebab itu sangat disarankan agar mengkonsumsi air putih yang cukup agar menjaga asupan cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Para ahli dai Chicago University melakukan penelitian yang bahwa seseorang yang mengkonsumsi air putih secara rutin sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari akan memiliki system kekebalan tubuh yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi air putih secara rutin dan cukup. Air puti juga dapat meningkatkan system imun pada tubuh yang mampu menghalangi penyakit mudah menyerang.

5. Makan Buah-Buahan Sebagai Pengganti Cemilan yang Tidak Sehat


Siapa sih yang tidak suka ngemil sambil santai misalnya atau sambil nongkrong bareng teman. Namun perlu Anda ketahui bahwa beberapa cemilan tidaklah bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan. Solusinya adalah mengganti cemilan tersebut dengan memakan buah-buahan segar. Buah tentunya memiliki vitamin dan antioksida yang sangat baik bagi kesehatan. Hal itu tentu sangat jauh berbeda dibandingkan dengan cemilan yang bisanya kebanyakan mengandung pengawet dan nutrisi yang sangat minim.

6. Jangan Banyak Makan Makanan Olahan dan Makanan Kaleng


Setiap kita mungkin memang mengingkan sesuatu yang isntan dalam segala urusan, begitu pun dalam hal makanan. Kita akan memilih yang cepat saji dan tidak repot untuk dimasak terlebih dahulu, seperti memilih makanan kaleng atau makanan olahan. Mulai dari sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Sebab, selain kandungan gizinya yang tidak memadai dan tergolong buruk, makanan olahan juga banyak mengandung bahan pengawet yang tentunya sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan. Menkonsumsinya secara terus menerus akan berbahaya bagi kesehatan.

7. Mengurangi Porsi Makan


Kurangilah makan dengan porsi yang besar. Makan dengan porsi yang sedikit adalah dianjurkan ketimbang makan dalam porsi yang besar. Dengan pola makan sedemikian, metabolisme tubuh dapat bekerja lebih lancar dan berat badan pun tetap terjaga.

8. Jaga Kebersihan


Suatu hal yang memang sudah kita ketahui bersama bahwa bakteri dan penyakit akan berkembang biak pada tempat yang kotor atau kumuh. Untuk itu, haruslah selalu menjaga kebersihan karena itu merupakan salah satu peran penting dalam menjalankan pola hidup sehat. Pertama mulailah dengan menjaga kebersihan diri terlebih dahulu misalnya dengan mandi dua kali sehari, sikat gigi teratur dan sebelum tidur maupun sesudah makan, memotong kuku, dan lain sebagainya.

Itulah 8 cara menerapkan pola hidup sehat yang akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel