3 Ide Bisnis Yang Sangat Cocok Untuk Mahasiswa

3 Ide Bisnis Yang Sangat Cocok Untuk Mahasiswa

Di zaman era modern ini mahasiswa tentunya memang dituntut untuk menjadi lebih kreatif. Jika hanya kuliah dan belajar serta berorganisasi saja rasanya itu tidaklah cukup. Selain daripada melakukan persiapan untuk dunia karir atau masa depan, tidak salahnya juga jika mahasiswa mulai belajar untuk berbisnis. Siapa tahu profesi tersebutlah yang nantinya akan menjadi karir di masa mendatang.

Bukanlah hal yang salah menjalankan bisnis ketika masih kuliah,  Jika kita amati perkembangan dunia dan teknologi yang kian canggih dan cemerlang, kita akan menemukan bermacam-macam bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, terlebih lagi bisnis yang berbasis online.

Baca juga : Memahami Aplikasi Marketing

Seorang mahasiswa memang harus kreatif dan inovatif agar bisa dan terbiasa hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang tua saja. Masa-masa kuliah bisa jadi merupakan waktu yang paling tepat untuk mahasiswa memulai sebuah bisnis.

Dapat dikatakan bahwa bisnis di kalangan mahasiswa bukan saja menjadi bisnis sampingan lagi atau hanya untuk menambah uang saku saja, akan tetapi juga menjadi modal dan pengalaman yang akan sangat berguna setelah lulus kuliah tentunya.

Untuk melakukan sebuah bisnis tentunya akan banyajk tantangan yang menjadi penghalang terhadap kesuksesan sebuah bisnis tersebut, pun demikian dengan bisnis online. Nah, supaya bisnis online dapat berjalan denga lancar, pastinya seorang mahasiswa harus jeli menemukan peluang dan tidak takut mengambil resiko dalam bisnis tersebut.

Ada begitu banyak bisnis yang bisa dijalankan bagi mahasiswa, hal tersebut tentunya juga akan disesuaikan dengan bakat atau keterampilan yang dimiliki oleh seorang mahasiswa.

Baca juga: 5 Kiat Agar Produk Mudah Diterima

Dan perlu diingat juga bahwa ada beberapa bisnis yang memang tidak membutuhkan modal  sekalipun atau jika pun ada hanya modal kecil saja, dan tentunya itu akan menjadi peluang besar bagi mahaiswa. Nah, berikut ini ada beberapa bisnis yang dapat dijalankan oleh mahasiswa.

1. Jualan Barang Secara Online


Berjualan barang secara online tentunya merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih lagi setiap orang memang sudah tidak asing dengan dunia maya/online. Jadi, peluang bisnis toko online sangat bagus untuk dilakukan. Misalnya seperti menjual baju, ATK, sepatu, peralatan olahraga, makanan, dan sebagainya yang berbasis online.

Toko online pastinya tidak hanya menargetkan teman-teman di kampus saja, akan tetapi juga kepada pelanggan lain yang cakupannya lebih luas. Dalam hal ini tentunya sobat harus memanfaatkan fitur yang ada pada media sosial secara maksimal.
Jika kesulitan tentang modal untuk memiliki barang yang akan dijual, tenang saja. Sobat bisa saja menjual barang-barang secara reseller atau dropship sehingga modal yang diperlukan akan kecil, tapi keuntungan yang akan diperoleh sangat memuaskan. Keuntungan tentunya tidak terlepas dari seberapa besar usaha dan kegigihan yang sobat lakukan dalam menjalankan bisnis tersebut.

2. Menjual Jasa Secara Online


Terkadang seseorang merasa tidak memiliki peluang untuk mendapat pekerjaan yang menghasilkan uang secara mudah dan melupakan bahwa dia sebenarnya memiliki banyak kesempatan. Misalnya seseorang yang memiliki kemampuan desain banner sudah melamar pekerjaan pada beberapa percetakan tapi tidak ada peluang padahal dia bisa memulia bisnis sendiri dari kemampuan tersebut. Salah satunya adalah dengan menyediakan jasa secara online.

Dalam hal ini, selain jasa desain seperti yang saya sebutkan tadi, ada banyak jasa yang bisa dijadikan basis online yaitu seperti jasa pembuatan website, menerjemahkan film, marketing dan lain sebagainya. Tentunya itu sangat cocok bagi sobat yang sedang beraktivitas sebagai mahasiswa karena tidak memungut biaya besar melainkan kemampuan saja.

3. Menekuni Profesi Sebagai Blogger


Penghasilan para blogger yang benar-benar serius dalam mengelola blog/website yang dimilikinya sudah tidak diragukan lagi. Bahkan sobat bisa cek sendiri di google tentang berapa penghasilan para blogger Indonesia. So, bagi sobat yang sedang beraktivitas sebagai mahasiswa tidak ada salahnya jika mencoba profesi yang satu ini, toh hanya bermodal computer dan internet, jika tidak memiliki fasilitas tersebut sobat bisa saja memanfaatkan warnet terdekat.

Dalam hal ini, sobat harus menentukan topik apa yang akan sobat bahas pada blog/website yang akan dikelola. Ada banyak topik yang dapat dibahas seperti traveling, kuliner, teknologi, olahraga, atau review produk dan sebagainya.

Untuk menekuni dunia profesi blogger, tentunya ada beberapa kemampuan yang harus sobat miliki atau pelajari. Yang terpenting adalah kemampuan menulis artikel untuk diposting ke blog sobat nantinya. Karena jika tulisan yang sobat posting tidak bagus dan tidak enak dibaca pastinya tidak akan ada pembaca yang sudi berkunjung ke blog yang sobat punya.

Selain kemampuan menulis, sobat juga harus memiliki kemampuan photography dasar, bahasa pemograman dasar dan sebagainya yang mendukung kelancaran untuk blogging.

Sebelum sobat akan mendapt penghasilan melalui blog, tentunya blog yang sobat kelola harus terdaftar dulu sebagai publisher dan memiliki akun adsense.

Nah, itulah 3 ide bisnis yang sangat cocok untuk sobat mahasiswa selamat mencobat dan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca.

Baca juga : Memahami Pengertian Marketing
                   Memahami Perencanaan Dalam Marketing
                   4 Kiat Sukses Mengelola Cabang Usaha/Bisnis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel