Wajib Tahu ! Ini 5 Fakta Menarik UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Wajib Tahu ! Ini 5 Fakta Menarik UIN Ar-Raniry Banda Aceh.


Selepas Sekolah Menengah Pertama setiap kita pasti akan berpencar menuju kehendak masing-masing dalam tujuan menempuh perkuliahan. Untuk itu pilihan terhadap Universitas favorit pun beragam dan berbeda menurut keinginan masing-masing.

Baca juga : 4 Persiapan Penting Sebelum Menempuh Perkuliahan

Nah, bagi Anda yang berada di Aceh dan tidak berencana untuk kuliah di luar daerah, di Aceh sendiri juga terdapat beberapa Universitas favorit yang banyak diminati dan juga cocok untuk melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Salah satunya adalah UIN Ar-Raniry.

Di UIN Ar-Raniry sendiri terdapat beberapa falkutas dengan masing-masing program study yang berbeda dan tentunya bagus.

Pada sesi ini saya akan mengupas tentang fakta-fakta yang dimiliki oleh UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Tujuan utama penulisan artikel ini adalah supaya calon-calon mahasiswa yang sedang mencari Universitas, mendapat sebuah gambaran tentang  Universitas UIN Ar-Raniry. Mana tahu dengan adanya informasi ini menambah minat untuk menempuh perkuliahan di UIN Ar-Raniry. Selanjutnya tujuan lain dari penulisan artikel ini adalah untuk berbagi informasi kepada sobat pembaca. Barangkali masih ada mahasiswa-mahasiswa dari kampus itu sendiri yang belum tahu atau mengenal kampusnya sendiri.

Oke, langsung saja kita bahas tentang 5 fakta menarik yang dimiliki UIN Ar-Raniry.

1. UIN Ar-Araniry atau yang disingkat dengan UNIAR tersebut ternyata didirikan pada tahun 1960.

2. Alamat Universitas tersebut terletak di JL. Ibnu Sina, No. 2, Darussalam, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh. Bagi anda yang tinggal di daerah ibukota Aceh tentunya sudah tahu letak keberadaan Universitas tersebut.

3. Menurut referensi yang saya kuti langsung dari wikipedia, ternyata nama dari Kampus UIN Ar-Raniry sendiri ternyata diadobsi dari nama salah seorang Ulama besar Aceh yang sangat berpengaruh pada masa Kerajaan Sultan Iskandar Tsani ( yang memerintah tahun 1637-1641).

Baca juga : 7 Fakta Unik Mahasiswa di Hari Libur

4. Jumlah Fakultas yang terdapat pada UIN Ar-Raniry ada sembilan fakultas yaitu Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Raebiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Sosial dan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Psikologi dan juga Program PascaSarjana.

5. Sejak diresmikannya Universitas tersebut sampai sekarang sudah tercatat 11 Rektor yang mendampingi UIN Ar-Raniry, di antaranya adalah A. Hasjmy, alm. (1963-1965), Drs. H. Ismuha, alm. (1965-1972), Ahmad Daudy, MA (1972-1976) sekarang Prof. Dr. H. Ahmad Daudy, MA, Prof. A. Hasjmy, alm. (1976-1982), Prof. H. Ibrahim Husein, MA (1982-1987 dan 1987-1990), Drs. H. Abd. Fattah, alm. (1990-1995), Prof. Dr. H. Safwan Idris, MA, alm(1995-2000), Prof. Dr. H. Al Yasa Abubakar, MA (Plh) (2000-2001), Prof. Dr. H. Rusjdi Ali Muhammad, SH (2001 s/d 2005), Prof. Drs. H. Yusny Saby, MA., Ph. D (2005 s/d 2009) dan yang terakhir adalah Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA (Agustus 2009 s/d sekarang.)

Itu dia 5 fakta menarik tentang UIN Ar-Raniry yang dapat saya share kali ini. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi.

Baca juga : Kenapa IPK Cuma 1-4,00 ? Ini Jawabannya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel