Ibadah Bukan Hanya Shalat

Ibadah Bukan Hanya Shalat


Kita diberi kesempatan oleh sang pencipta untuk hidup adalah untuk beribadah atau menyembahnya. Dalam kehidupan yang kita jalani, defenisi atau maksud dari beribadah itu sangatlah banyak variasinya. Ibadah bukan sekedar shalat lima waktu sehari-semalam, atau bersedekah, dan berpuasa. Tetapi lebih banyak dari itu yang memiliki pembagian dan cabang-cabang tertentu. Misalnya saja shalat, terbagi lagi ke shalat sunnah yang pembagian shalat sunnah itu terbagi lagi beberapa bagian. Ada shalat sunnah sebelum dan sesudah shalat wajib, ada shalat sunnah hajat, shalat tahjjud, shalat istikharah ketika merasakan keraguan akan suatu pilihan, dan banyak lagi shalat sunnah lainnya. Begitu pula dengan bersedekah, bagaimana cara bersedekah, kepada siapa harus bersedekah  semua ada aturannya masing-masing. Bahkan senyum ketika bertemu dengan orang lain saja  sudah di kira ibadah, memindahkan duri kecil yang ada di jalan saja sudah dikira ibadah.

Sobat wahana yang selalu dalam keadaan sehat, perlu kita ketahui bahwa yang dikatakan oleh Allah tentang hari kiamat itu ada  dan nyata, bahkan bukti-bukti atau tanda tibanya hari kiamat itu sudah mulai tanpak oleh mata kepala manusia sendiri. Di hari kiamat hari yang mana semua amal ibadah dibalas setimpal dengan apa yang dikerjakan oleh manusia itu sendiri semasa hidupnya. Barang siapa yang ibadahnya ikhlas maka kebaikan akan didapatnya saat itu. Begitu pun jika ibadah semasa hidupnya jauh dari kata ikhlas melainkan ada keterpaksaan atau tujuan tertentu, maka keburukan akan didapat pada hari kiamat tersebut.

Jika begitu apa yang harus kita lakukan? Sobat wahana mungkin bertanya-tanya. Apakah ibadah yang kita lakukan selama ini sudah pantas untuk menerima imbalan kebaikan pula di hari akhirat kelak? Cukupkah timbangan pahala yang kita kumpulkan selama hidup di dunia? Tidak ada yang mampu menjamin kecuali Allah.

Saya sangat yakin tidak ada diantara kita yang mau mendapat keburukan di hari akhir nanti. Untuk itu mari perbanyak amal ibadah kebaikan. Dan dalam hal itu, perlu diingat bahwa seperti yang sedikit disinggung di atas tadi, ibadah bukan hanya shalat. Maka dari itu selain menunaikan shalat dan ibadah wajib lainnya, patut pula bagi kita untuk mengamalkan surah al-ma’un. Agar kiranya kita tidak termasuk orangiorang yang mendustakan agama, maka salah satu yang mesti kita lakukan adalah jangan menghardik anak yatim. Akan tetapi membantunya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel