4 Persiapan Penting Sebelum Menempuh Perkuliahan

4 Persiapan Penting Sebelum Menempuh Perkuliahan


Di zaman era modern sekarang ini kebutuhan setiap orang akan pendidikan semakin meningkat. Hal tersebut senada dengan semakin meningkatnya kemajuan dunia dan teknologi. Fakta tersebut dapat kita lihat dari banyaknya pelajar lulusan SMA saat ini yang melanjutkan atau meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu kuliah daripada bekerja.

Sudah lumrah, bahwa seorang yang menyandang status sebagai mahasiswa memiliki nilai dan kedudukan tinggi di kalangan masyarakat. Hal inilah yang menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi para orang tua untuk membiayai perkuliahan anak-anak mereka. Akan tetapi, dunia perkuliahan pada kenyataannya tidaklah seindah yang ada dalam bayangan atau seperti yang ada pada sinetron-sinetron di televise. Dunia perkuliahan tidaklah mudah.
Sebelum memasuki dunia perkuliahan dan menjadi mahasiswa di perguruan tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan. Agar nantinya anda jangan sampai hanya sekadar duduk manis di kursi dan mendengarkan ceramah dosen kemudian ketika kelas usai langsung keluar tanpa memperoleh ilmu pengetahuan apapun. Lalu, apa-apa saja yang mesti dipersiapkan sebelum menempuh dunia perkuliahan. Apakah dengan menyiapkan Makanan, senter, tenda, dan selimut? Bukan, itu persiapan untuk mendaki gunung. Jika Anda ingin tahu persiapan apa saja yang mesti dilakukan sebelum menempuh perkuliahan, silahkan baca ulasan Wahana Belajar berikut ini sampai tuntas.

1. Kesiapan Mental


Kesiapan mental memang merupakan hal penting sebelum melakukan atau menempuh sebuah pilihan, memilih jadi tentara harus punya mental, menjadi polisi harus punya mental, menjadi seorang pilot juga harus memiliki mental, begitu juga halnya sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah. Kesiapan mental merupakan persiapan penting paling utama. Karena pembelajaran yang  terdapat di kampus atau perguruan tinggi tidaklah sama dengan pembelajaran yang ada ada di sekolah. Di kampus, Anda akan dianggap sebagai seorang yang sudah dewasa dan sudah mampu untuk menentukan arah dan tujuan hidup secara mandiri tanpa harus bersandar pada orang lain. Jika tidak memiliki kesiapan mental, maka Anda akan terancam terlambat lulus karena tidak ada kesiapan untuk menghadapi system pembelajaran yang ada di perkuliahan tersebut. Anda tentunya tidak berkeinginan untuk terlambat lulus bukan? Untuk itu sebelum benar-benar memutuskan untuk melanjutkan kuliah, persiapkanlah mental sematang-matangnya. Jangan sekali-kali kuliah karena ada keterpaksaan dari pihak lain atau karena ikut-ikutan teman, hal itu  hanya akan sia-sia.

2. Memilih Kampus dan Prodi


Jika kesiapan mental telah tertanam dalam diri Anda, barulah memasuki tahap ke dua yaitu, memilih kampus dan prodi. Pada hal ini Anda haruslah memilih kampus yang sesuai dengan keingingan Anda dan memilih prodi yang tepa pula dengan bakat atau potensi Anda. Jangan nantinya anda kuliah secara asal-asalan karena pilihan tidak sesuai. Ingat, ilmu yang Anda pelajari semasa kuliah memiliki pengaruh penting bagi karir Anda di masa depan. Jadi pilihlah kampus dan prodi yang benar-benar cocok.

3. Memilih Jalur Seleksi


Ini merupakan hal yang tidak patut untuk anda abaikan. Setelah kedua tahap persiapan di atas tadi selesai maka anda memasuki tahap ke tiga, yaitu memilih jalur seleksi. Alangkah baiknya anda memilih jalur beasiswa terlebih dahulu, jika anda beruntung lulus di jalur beasiswa, selain tidak mengikuti test anda juga akan digratiskan untuk kuliah dengan syarat-syarat yang diberlakukan. Jika rezeki anda tidak di jalur beasiswa, barulah anda memilih jalur seleksi bersama dengan memasuki ujian. Sebelum mengikuti ujian tersebut anda harus benar-benar memahami system ujian dan mengetahui prediksi soal, jika anda tidak begitu yakin dengan kemampuan yang anda miliki, silahkan mengikuti bimbel atau kelas belajar khusus untuk menghadapi ujian tersebut.

4. Mempersiapkan Biaya


Kehidupan ini memang sulit terlepas dari ketergantungan kebutuhan akan uang. Itulah sebabnya orang-orang sepakat mengatakan bahwa pendidikan itu mahal. Jika Anda mendapat beasiswa beruntung, dan jangan lupa bersyukur. Sebelum menempuh dunia perkuliahan, biaya merupakan hal yang tak bisa di sepelekan. Baik itu yang mendapat beasiswa maupun tidak. Mulai dari persiapan keberangkatan berupa ongkos transportasi, makan di jalan, dan keperluan tak terduga lainnya. Bagi yang mendapat beasiswa mungkin aman sampai di situ. Bagi yang bukan melewati jalur beasiswa  tentulah akan memakan biaya yang lebih besar. Jadi, jika Anda bertekat untuk kuliah, maka persiapkan biaya dari jauh-jauh hari. Meskipun memang ada beberapa orang yang nekat merantau dan mengandalkan bakat untuk bisa mendapat rupiah dan melanjutkan kuliah, seperti saya misalnya, hehe…. Pamer dikit. Tapi itu jalan yang sulit.

Itulah empat persiapan penting sebelum menempuh dunia perkuliahan, semoga bermanfaat. Dukung kemajuan blog kami dengan mengomentari atau membagikan artikel ini. Terima kasih buat para sobat yang telah berkunjung, jangan lupa mampir lagi di lain waktu.

Baca juga : Inilah 7 Penyebab Sarjana Pengangguran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel