Mengenal Makna Hari Guru Nasional 25 November

Mengenal Makna Hari Guru Nasional 25 November


Pertama kali saya mendengar istilah hari guru, timbul pertanyaan tentang apa sih hari guru itu? Jika kita lihat di media-media social setiap orang punya cara berbeda menyikapi hari guru nasional yang selalu di peringati di setiap tanggal 25 november. Sebenarnya apakah semua kita tahu apa definisi atau makna dari hari guru tersebut? Saya rasa tidak. Bagi sebagian mungkin hanya sekedar tahu bahwa di tanggal 25 november adalah hari guru nasional. Begitu juga di sekolah-sekolah, apakah disetiap sekolah ada tradisi dalam memperingati hari guru tersebut, misalnya dengan meliburkan setiap siswa atau sebagainya. Untuk itu tulisan ini sengaja saya tulis agar bagi setiap kita yang belum tahu makna hari guru menjadi tahu. Artikel ini saya tulis setelah membaca berbagai referensi tentang berbagai makna tentang hari guru itu sendiri, dan juga setelah melakukan wawancara pada beberapa sumber.

Jika kita berbicara tentag makna itu artinya kita akan menyinggung sejarah. Kapan sih hari guru nasional tanggal 25 november itu ada? Sebenarnya tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI pada tahun 1945. Diperingatinya tanggal tersebut sebagai hari guru nasional didasari oleh Keputusan Presiden Nomor 87 Tahun 1994 yang mana hal itu dilakukan sebagai bentuk atau upaya untuk menghormati guru di seluruh Indonesia.

Berarti dapat kita simpulkan bahwa hari guru itu sendiri diperingati sebagai salah satu wujud penghormatan kepada guru karena jasa-jasanya selama mengajar dan mendidik. Itulah mengapa setiap tahunnya pada tanggal 25 november di anggap sebagai hari ulang tahun guru-guru se-Indonesia.

Berbicara tentang hari guru tersebut, juga banyak pendapat yang bermunculan. Ada yang mengatakan bahwa hari guru itu salah satu upaya yang bagus dan harus ada sebagai bentuk penghormatan kepada guru se-Indonesia. Ada juga yang mengatakan bahwa hari guru itu khususnya bagi yang tidak menyandang status peserta didik, adalah hari yang akan mengingatkan kita pada masa-masa sekolah SD, SMP atau SMA, yang mana guru sangat sabar mendidik, membimbing dan mengajarkan kita agar jadi anak yang berguna dan memiliki cita-cita yang tingi. Yang lain juga mengungkapkan hari guru itu merupakan hari yang special. Selain itu juga ada yang mengungkapkan bahwa hari guru adalah hari yag luar biasa. Namun, sebetulnya kalau pun hari guru itu tidak ada yaitu pada tanggal 25 November tersebut, selaku orang yang pernah dididik kita mestilah menghormati guru setiap saat atau dalam waktu-waktu tertentu bersilaturrahmi ke rumah guru, atau hal lainnya.

Saya sempat dihampiri oleh pertanyaan yaitu kenapa di Indonesia tidak diliburkan saja ketika memperingati hari guru. Memang, jika kita lihat di Negara-negara lain seperti Singapore salah satu cara mereka menyikapi hari guru tersebut yaitu dengan meliburkan seluruh sekolah yang ada di negaranya. Saya sempat berpikir bagaimana hari guru di Indonesia juga di Liburkan akan tetapi penatapannya juga harus dipertimbangkan juga matang-matang. 

Itulah makna dari hari guru tersebut, yaitu sebagai bentuk penghormatan kepada guru. Pun demikian bukan berarti kita hanya menghormati guru pada tanggal tersebut, setiap hari kita mesti menghormati guru, di sekolah maupun di luar sekolah.

Itulah makna dari hari guru, semoga dengan itu semua kita jadi lebih menghargai guru. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Wahana Belajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel