-->
Cara Kembalikan Data Terhapus di Recycle bin

Cara Kembalikan Data Terhapus di Recycle bin

Komputer atau laptop bukan lagi hal yang asing atau hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja, tetapi komputer atau laptop memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Misalnya pelajar atau mahasiswa, mereka pasti sangat membutuhkan benda yang satu ini. Yang mana Komputer atau laptop digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting baik berupa gambar, file, audio, video dan lain sebagainya. Apalagi bagi yang berkepentingan dengan desain grafis tentu saja sangat membutuhkan komputer untuk menjadi media. Misalnya seorang yang bekerja di sebuah percetakan banner, tanpa komputer mereka tidak akan bisa mendesain banner yang diperlukan.

Dibalik kemudahan dari teknologi tersebut, tak terlepas dari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi yang biasanya disengaja ataupun tidak disengaja. Misalnya terhapusnya dokumen penting yang tersimpan di komputer atau laptop tersebut, pastilah bisa membuat kita kebingungan, dimana saat kita membutuhkan file yang harus segera ada tetapi malah entah kemana hilang atau terhapus, tentun akan membuat kita geram.

Dulu kebanyakan orang sedikit saja terjadi kesalahan pada komputer atau laptopnya pasti akan segera membawanya ke tukang service dan mengeluarkan biaya yang semestinya tidak perlu. Misalnya saja seperti kasus yang kita bicarakan ini yaitu hilangnya atau terhapusnya data-data penting yang sangat diperlukan, sebenarnya tidak perlu membawanya ke tukang service karena masalah itu bisa kita atasi sendiri akan tetapi dulu tak semua orang tahu. Sekarang sejak bertebarannya blog atau website yang berkaitan dengan tutorial komputer atau yang membahas tentang komputer, memudahkan orang-orang untuk mencari solusi dengan open google. Hanya tinggal mengetikkan masalah yang ingin dicari saja lalu tekan enter maka puluhan artikel yang membahas masalah tersebut akan bermunculan.

Nah, yang sekarang ini kamu baca adalah salah satu artikel tentang bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus di komputer. Sebetulnya, ketika saya baru-baru mengenal komputer atau laptop saya juga tidak tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut sampai saya kebingungan. Saya pernah baru saja mengetik sebuah cerpen yang akan saya print out dan menempelnya di majalah dinding sekolah, akan tetapi dokument itu terhapus karena saya salah tekan sebuah tombol yaitu tombol delete. Lantas karena saya tidak tahu bagaimana cara mengembalikan lagi data yang terhapus itu, terpaksa mau tak mau saya harus mengetik ulang, menjengkelkan bukan? Akhirnya saya bertanya pada orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang komputer tentang bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus dan ternyata caranya sangat mudah. Saya pun berinisiatif ingin menuliskannya agar bisa dibaca oleh orang-orang yang mengalami masalah yang sama seperti yang saya alami. Sebelumnya, saya juga sering baca-baca artikel serupa dari blogger yang ada di internet.

Berikut ini cara yang sangat mudah untuk dipraktekkan.

1. Buka Recycle Bin
Biasanya terletak di sudut atas kiri layar komputer. Setelah anda buka maka tampilannya akan seperti ini.

Setiap data yang terhapus baik itu disengaja ataupun tidak, baik itu dokument word, file musik, gambar atau video-video penting akan tersimpan di recycle bin ini. Jadi ketika anda salah hapus suatu data, tidak perlu panik atau membawanya ke tukang service, silahkan buka recycle bin maka anda akan melihat data-data yang pernah anda hapus. Pada screenshot di atas tadi terlihat data-data yang pernah terhapus di komputer saya.

2. Klik kanan pada data yang terhapus
Setelah anda menemukan data yang pernah anda hapus tadi, klik kanan pada data tersebut dan akan muncul menu atau perintah selanjutnya. Seperti gambar di bawah ini.
Silahkan pilih restore dan data anda pun akan kembali ke tempat tersimpan semula. Jangan klik delete, jika anda klik delete maka data tersebut akan terhapus dari recycle bin. Hal itu akan membuat harapan anda untuk mengembalikan data tersebut menjadi sulit. Bukan tidak bisa, tetapi anda harus menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan aplikasi pengembali data, dan itu akan membuang waktu.

Nah, itulah cara mengembalikan data terhapus di recycle bin. Semoga artikel ini bermanfaat.

2 Responses to "Cara Kembalikan Data Terhapus di Recycle bin"

  1. Syukurlah datanya jadi bisa balik lagi, makasih kk udah share ilmunya :D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel