9 Fakta Unik Setelah Wisuda, Anda Pasti Mengalaminya!

9 Fakta Unik Setelah Wisuda, Anda Pasti Mengalaminya!


Saya awali dengan ucapan terima kasih kepada anda yang telah meluangkan waktu untuk membaca artiel ini. Kali ini saya akan bahas sesuatu tentang mahasiswa, lebih tepatnya  mahasiswa yang sudah wisuda. Sebelumnya untuk menambah pengantar artikel ini, alangkah baiknya saya katakan dulu apa definisi mahasiswa, meskipun anda sebenarnya sudah tahu. Mahasiswa dalah orang yang menempuh pendidikan atau belajar di perguruan tinggi, baik itu di universitas, institut maupun akademi. Mereka yang telah terdaftar sebagai seorang yang belajar di perguruan tinggi dapat disebut Mahasiswa.

Dalam menjalani perkuliahan, setelah menyelesaikan semua proses hingga penelitian, skripsi dan seminar, ada satu yang menjadi target besar yang harus didapat, yaitu wisuda dan menjadi sarjana. Lalu, sesudah sarjana apa yang selanjutnya terjadi? Nah itulah yang akan saya bahas. Pada artikel ini saya akan mengulas beberapa fakta unik tentang Mahasiswa yang sudah wisuda. anda pasti mengalaminya. OK, let’s read it!

1. Tidak Dapat Nongkrong Bareng Teman
Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika masa-masa kuliah selaku mahasiswa anda pasti sangat sering nongkrong bareng teman-teman atau sahabat, entah itu mengerjakan tugas kuliah, atau berdiskusi tentang edukasi, atau juga hanya sekedar refresing penghilang penat karnah capek kuliah. Terlebih lagi jika anda ikut serta dalam sebuah organisasi kampus entah itu intra maupun extra, pasti sangat sering berkumpul. Tapi sayang, setelah selesai kuliah dan diwisuda masa-masa itu memang sangat sulit bahkan tidak punya kemungkinan untuk terjadi lagi. Salah satu alasannya adalah anda sendiri sudah tidak sering ke kampus karena tidak berkepentingan terkait kuliah, sehingga secara otomatis anda juga akan jarang bertemu teman anda, apa lagi untuk nongkrong.

2. Dapat Banyak Pertanyaan
Mahasiswa-mahasiswa yang akan diwisuda saja biasanya banyak mendapat pertanyaan apalagi yang sudah wisuda. Seperti wisudanya dimana, berapa biaya wisuda dan lain sebagainya. Pertanyaan tersebut jika kita tanya pada kebanyakan mereka yang akan diwisuda adalah pertanyaan yang ringan dan biasa. Lalu bagaimana dengan yang sudah wisuda? wih, bikin baper. Emang kenapa? Hal itu semua karena pertanyaan yang datang begitu berat bahkan ada yang sadis untuk dijadikan pertanyaan, misalnya ada yang nanya nanti kerja dimana? Membuat bingung untuk menjawab, yang lebih extrem adalah ketika ada yang bertanya kapan menikah, biasanya pertanyaan ini sering diterima perempuan. Deuh… Nasib para wisuda.

3. Bingung Bekerja Dulu Atau Menikah
Fakta yang ke tiga ini terkait perasaan. Hal ini dialami bukan oleh wanita saja. Yaitu bingung untuk bekerja dulu atau menikah saja dan setelah itu baru kerja sambilan cari nafkah? Bagi perempuan yang merasakan hal ini biasanya karena mendapat lamaran dari seseorang, atau bisa jadi ditawarkan oleh orangtuanya sendiri karena sudah dianggap begitu dewasa atau pantas untuk menikah. Lalu bagaimana dengan lelaki? Juga sama. Mahasiswa-mahasiswa yang baru wisuda itu tidak semua muda lho! ada yang sudah berusia pantas menikah, tetapi belum menikah atau belum ketemu jodoh. Bisa juga bingungnya itu adalah pingin menikah tapi belum punya penghasilan, jika ditunda nanti semakin tua… Hadeuhh… nasiblah nasib. Yang sabar ya Boss.

4. Suka Browsing Lowongan Kerja
Mahasiswa yang sudah diwisuda pasti akan mulai mencari-cari lowongan kerja. Dan berhubung zaman now itu sudah canggih, so pastinya browsing di internet salah satu cara terbaik untuk mencari lowongan kerja. Dikit-dikit buka google “Lowongan Kerja S1” atau lainnya itulah yang mereka lakukan. Anda pasti mengalaminya.

5. Teringat Masa-Masa Kuliah
Kalau mahasiswa biasanya pas ngeliat anak sekolahan, katakan sajalah anak SMA, kadang pasti suka bilang begini “Jadi teringat masa-masa SMA”. Ternyata sobat pembaca, perlu anda ketahui bahwa itu juga dialami oleh orang-orang yang baru diwisuda atau sudah lulus kuliah. Cuma beda versi doang, “Masa-masa mahasiswa memang Indah” begitulah kata mereka Gimana nggak Indah, semasa kuliahnya suka ngutang di kantin. Jadi, ketika sudah tidak lagi bertitel sebagai mahasiswa karena sudah tamat, memang akan membuat teringat akan masa-masa kuliah. Masa nongkrong bersama teman, ngerjain tugas sama-sama, atau ketika sama-sama kompak buat alasan jika tak buat tugas, dan banyak lagi yang lainnya. So, ceritanya Nostalgia.

6. Jauh Dari Sahabat
Fakta yang satu ini bikin perasaan jadi gimana gitu, yaitu jauh dari sahabat. Sewaktu kuliah Anda pasti punya teman atau sahabat dekat yang berasal dari daerah yang tak sama dengan Anda. Seseudah kuliah mereka pasti ada yang pulang kampung, atau ada yang langsung bekerja di luar daerah. Sehingga membuat kita jauh dari mereka. Duhh… Andaiku Punya Sayap.

7. Memilih Pulang Kampung Atau Tidak
Kampung halaman, siapa sih yang tak ingat kampung halaman sebagai tanah kelahirannya sendiri? Tentunya semua kita Ingat. Nah, biasanya orang-rang yang sudah wisuda pasti akan sangat teringat akan kampung halaman dan akan timbul dua pilihan, pulang atau tidak. Kadang, jika pulang bingung mau kerja apa di kampung, nggak pulang rindu keluarga, teman-teman lama, atau merindukan pujaan hati, so sweet.

8. Mendapat Gelar Sarjana
Yang ini nih memang sudah pasti. Setalah wisuda pasti aka ada sesuatu yang bertambah diujung nama, yaitu gelar. Sudah susah payah kuliah kan rugi kalau nggak dapat gelar. Tentunya gelar itu sesuai dengan prodi masing-masing. Misalnya ST untuk Sarjana Teknik, S. Pd untuk Pendidikan, SH jika kuliah hukum, atau Sarjana Sosial misalnya seperti saya nanti kalau sudah wisuda, Rivan Dewana, S.sos. Hehe.. sekedar contoh. Masih lama kok do’ain aja tercapai.

9. Membuat Orang Tua Bangga
Fakta yang ini ada kaitannya dengan salah satu alasan mengapa mahasiswa kuliah habis-habisan memeras otak, yaitu untuk membuat orangtua bangga supaya memiliki anak yang berpendidikan. Dan itu akan terbukti setelah anda wisuda. Lihat saja, orang tua anda pasti akan berkemas rapi menghadiri acara wisuda yang spesial itu . Bahkan ketika tetangga bertanya mau kemana, pasti ia akan dengan bangga menjawab bahwa ia akan menghadiri wisuda anaknya. So, selamat deh karena sudah membuat orang tua bangga. Meskipun setelah beberapa bulan selesai wisuda, orangtua bangga atau tidak itu lain urusan, misalnya setelah wisuda nganggur, mana  mungkin orang tua bangga, yang ada malu. Haha.. Tapi saya yakin sekali semoga yang baca artikel ini tidak akan tergolong kaum-kaum yang pengangguran, Ops , tadi saya ngebahas soal orangtua, maaf jika ada yang merasa tersinggung karena sudah tidak punya orang tua, saya juga sama kok, Cuma punya Ibu. Ayah saya meninggal dunia saat usia saya masih 3 tahun, mengingat itu bikin saya jadi sedih, Ehh kok saya malah curhat, sorry. Kita lanjut. Bagi yang sudah tak punya orang tua tentunya tetap juga akan membuat orangtua bangga diakhirat kelak karena memiliki anak yang berguna. Orang-orang terdekat anda yang perannya sebagai orangtua misalnya paman atau bibi anda juga akan bangga dengan apa yang anda capai.

Itulah beberapa fakta unik tentang mahasiswa yang sudah wisuda, spesial Wahana Belajar sajikan untuk anda. Sebetulnya banyak lagi fakta-fakta unik lainnya, saya akan tuliskan pada artikel lain nantinya dengan versi yang berbeda. Terima kasih telah berkunjung ke Wahana Belajar. Like, share dan komentar anda sangat berarti bagi kami untuk mendukung kemajuan blog ini kedepannya. Semoga bermanfaat, sampai ketemu di artikel lainnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel