6 Manfaat Mengikuti Seminar Kepenulisan

6 Manfaat Mengikuti Seminar Kepenulisan


Kata Seminar bukanlah hal yang asing lagi didengar, terlebih lagi dikalangan pelajar, mahasiswa dan kalangan pendidikan lainnya. Apa sih seminar itu? Sejatinya seminar adalah sebuah bentuk pelajaran yang bersifat akademis yang diadakan oleh sebuah universitas, institute, atau lembaga-lembaga organisasi komersial dengan membahasa suatu topik tertentu atau khusus. Sangat banyak manfaat yang bisa didapat dari mengikuti seminar-seminar tersebut. Diantaranya seperti mengikuti seminar kepenulisan. Nah, pada artikel ini saya akan mengulas apa saja manfaat yang bisa didapat dengan megikuti atau menjadi peserta seminar kepenulisan.

1. Bertemu Penulis Idola
Bagi kamu yang hobi atau gemar membaca karya-karya sastra baik fiksi maupun nonfiksi, pasti memiliki bacaan-bacaan favorit dari karya-karya yang ditulis oleh penulis tertentu yang kamu idolakan. Dengan mengikuti seminar kepenulisan, besar kemungkinan untuk dapat bertemu dangan para penulis-penulis terkenal yang kamu idolakan. Karena biasanya mereka pasti akan hadir pada kegiatan tersebut. Jadi kesempatan buat kamu untuk bertanya atau meminta ilmu-ilmu tentang menulis dari mereka.

2. Bertambah Teman
Sudah pasti, seminar kepenulisan biasanya diikuti oleh banyak peserta hingga ratusan. Disitu kesempatan buat kamu untuk menambah jaringan pertemanan dan bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman juga bisa saling memotivasi semangat untuk menulis.

3. Mendapat Sertifikat
Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, sertifikat atau piagam adalah suatu yang sangat berguna yang angkan menunjang bukti prestasi akademik. Misalnya ketika mendaftar beasiswa pasti akan diminta untuk mencantumkan sertifikat yang ada. Jadi, dengan mengikuti seminar kepenulisan kamu juga akan mendapat sertifikat yang ditanda tangani oleh penulis terkenal atau idolamu. Keren bukan?

4. Mendapat Bimbingan Menulis
Namanya juga seminar kepenulisan, sudah pasti kamu akan dibimbing dalam menulis misalnya menulis kreatif. Padahal sebenarnya bisa saja belajar di internet secara otodidak, tapi dibimbing langsung oleh penulis yang sangat berpengalaman akan memudahkanmu untuk lebih terarah dalam menulis.

5. Wawasan Akan Bertambah
Mengikuti semniar kepenulisan tentunya juga akan menambah wawasan kamu terutama dalam tulis menulis. Mana tau dari wawasan yang kamu dapat dari suatu seminar tersebut akan membuat kamu lebih terinspirasi dan termotivasi untuk menulis. Tentu saja itu adalah hal uang bagus.

6. Doorprize Special
Dalam acara-acara seminar biasanya ada disediakan doorprize atau hadiah jika peserta yang ditunjuk atau yang mengajukan diri  berhasil menjawab kuis yang disediakan oleh panitia. Hali ini bertujuan untuk menambah minat dan semangat bagi para peserta dalam mengikuti seminar. Mana tahu ketika mengikuti seminar tersebut kamu beruntung mendapat doorprize atau hadiah special yang disediakan seperti uang, atau buku-buku edisi terbaru dan lain sebagainya.

Itulah 6 Manfaat mengikuti semniar kepenulisan yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat. Silahkan like dan mengomentari artikel ini, like dan komentar anda sangat berpengaruh terhadap kemajuan blog ini. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel