3 Alasan Kenapa Siswa Malas Belajar

3 Alasan Kenapa Siswa Malas Belajar


Sifat malas yang ada pada diri seseorang memang sudah dikatakan lumrah dan bukan hal aneh lagi dibicarakan. Setiap orang punya potensi untuk memiliki sifat yang satu ini. Sifat malas tersebut ternyata bukan hanya ada pada orang berusia anak-anak atau remaja, tetapi orang dewasa pun terkadang juga sering dihinggapi oleh sifat malas tersebut. 

Apabila sifat malas tersebut terlalu berlebihan dan berkepanjangan, itulah yang tidak lumrah dialami seseorang. Sifat malas sedemikian itu memang patut dan perlu untuk dihindari atau dicegah untuk tidak terjadi pada diri seseorang. Karena, sifat atau rasa malas yang berlebihan akan berimbas buruk terhadap pribadi seseorang yang mengalaminya. Misalnya katakana saja seorang siswa yang suka malas dalam belajar akab beresiko mengalami tinggal kelas, tidak akan lulus ujian, atau akan mengalami prestasi belajar yang rendah.

Jika berbicara tentang sifat malas pada siswa, pada study kasus yang sering terjadi, sifat malas belajar yang ada pada siswa ditandai oleh banyak indikasi, misalnya sering melakukan bolos sekolah, terlambat datang ke sekolah, sangat sering mengantuk dan menguap ketika berlangsungnya proses belajar mengajar di dalam kelas, sering permisi untuk keluar kelas, dan banyak lagi indikasi lainnya yang menjadi bukti untuk menunjukkan seorang siswa telah diserang yang namanya rasa malas untuk belajar.

Sudah tentu bahwa sifat malas akan merugikan diri siswa itu sendiri. Sebenarnya hal ini memang diketahu dan disadari oleh siswa. Akan tetapi, siswa yang  bersangkutan itu tidak berdaya untuk melawan sifat malas yang melanda dirinya tersebut. Sehingga sifat malas tersebut akan mempermainkan diri siswa itu sendiri. Bahkan lebih parahnya siswa jadi lupa bahwa sifat malas itu akan merugikan dirinya sendiri.


Semua itu tentu tidak akan terlepas dari faktor terjadinya sifat malas yang menghinggapi siswa. Dari sekian banyak alasan atau penyebab terjadinya hal tersebut, akan dikelompokkan atas tiga bagian utama. Penasaran apa saja faktor atau penyebab tersebut? Simak ulasan saya berikut ini.

1.Bawaan Internal (Pribadi)
Jika dari kecil sudah terbiasa untuk malas, pasti akan terbawa-bawa hingga usia sekolah.Kalau sudah terbiasa malas dari kecil, sampai usia sekolah juga akan tetap terbawa-bawa. Ditambah lagi jika orang tua anak yang bersangkutan itu tidak begitu memperdulikan kondisi anaknya. Ataupun menganggap bahwa kemalasan yang terjadi pada anaknya itu adalah hal yang biasa. Anggapan seperti ini akan sangat berdampak terhadap kemalasan anak di masa-masa selanjutnya dan akan semakin sulit untuk dihilangkan. 

Bisa jadi bahwa sifat malas bawaan pribadi juga disebabkan oleh faktor kelainan fisik pada anak, misalnya pendengaran agak terganggu atau mengalami kelainan pada penglihatan sehingga membuat malas untuk belajar. Faktor ini semestinya sudah menjadi hal yang diperhatikan dengan serius dan tidak disepelekan oleh orang tua sejak dini di rumah.

2.Lingkungan Yang Tidak Mendukung
Pengaruh dari lingkungan memang sangat berdampak bagi seseorang. Apalagi bagi seorang anak yang sedang dalam proses belajar. Bagaimana bisa seorang anak akan mau belajar dengan rajin apabila lingkungan tempat tinggalnya tidak mendukung? Misalnya di lingkungan keluarganya tidak satupun yang suka belajar, pun demikian dengan teman sepergaulannya sehari-hari di sekolah maupun di luar sekolah, tak ada yang suka belajar. Otomatis juga akan berpengaruh pada anak tersebut untuk malas belajar. 

3.Tidak Memiliki Tujuan Yang Jelas
Malasnya siswa dalam belajar juga dikarenakan oleh kurang pahamnya terhadap tujuan dan kegunaan dari belajar itu sendiri. Menurut pandangan dan pikiran mereka belajar itu hanyalah sebuah kegiatan rutin belaka, sekedar membaca buku, mengerjakan tugas tugas yang diberikan, atau hanya mendengar ceramah dari guru saja. Artinya, siswa tersebut belum paham akan alasan untuk apa dia belajar di sekolah ataupun di rumah. Dia tidak tau tujuan dari belajar itu, serta tidak paham akan manfaat yang akan didapat dari belajar.

Itulah tiga faktor utama yang menjadi alasan atau penyebab yang membuat siswa malas untuk belajar. Baik itu di sekolah, maupun di luar sekolah atau di rumah. Jadi, dengan memahami akan faktor-faktor tersebut para orangtua maupun guru akan dapat mereduksi sifat malas belajar yang melekat pada siswa. Semoga artikel ini bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel