Organisasi, Tujuan dan Manfaatnya

Organisasi, Tujuan dan Manfaatnya

Organisasi bukanlah hal yang asing lagi kita dengar. Organisasi adalah arena bagi banyak orang untuk berkumpul maupun bekerja sama secara sistematis, rasional dan juga berada dalam pengendalian serta memanfaatkan berbagai sumber daya seperti sarana, dana, prasarana, data, material dan juga lingkungan yang tujuannya adalah untuk mencapai target dengan bersama.

Organisasi juga merupakan pengelompokan, proses penentuan dan juga aturan banyak aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan tujuan secara bersama-sama. Begitu banyak manfaat yang ada dalam sebuah organisasi bagi kehidupan pribadi maupun masyarakat dalam berbagai aspek.


Tujuan
Organisasi sendiri adalah wadah bagi orang-orang yang ada pada organisasi tersebut untuk menvapai sebuah tuhuan atau maksud tertentu baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Tujuan yang dimiliki itu akan mempengaruhi cara kerja dari organisasi itu sendiri serta mencari memberatau anggota  baru agar dapat mengembangkan serta menjaga kaderisasi anggota. Kaderisasi ini dilakukan agar hendaknya organisasi tetap aktif serta bertahan dalam waktu yang cukup lama

Artikel yang disarankan untuk Anda:
Kuliah Tidak Menentukan Kesuksesan, Ini Penjelasannya

Manfaat
Memilih bergabung dalam sebuah organisasi artinya telah memberi manfaat yang sangat besarke bagi kehidupan.  Karena organisasi juga seperti sejumlah masyarakat tetapi dalam bentuk kecil atau lebih sedikit dari masyarakat umumnya. Apa saja manfaat yang bisa didapat dengan ikut berorganisasi? berikut wahana belajar sajikan untuk pembaca yang selalu setia.

1. Mencapai Tujuan
Pendirian sebuah organisasi sering berkaitan dengan banyak tujuan, sehingga tujuan yang dilaksanakan oleh banyak orang atau banyak anggota bisa didapatkan dengan mudah, lebih maksimal dan efektif.

2. Melatih Mental
Jika kita membicarakan soal mental, tidak semua orang bisa dengan mudah memiliki mental dengan cara yang cukup mudah. Saya katakana demikian karena mental memang harus dilatih dalam waktu yang tidak sebentar serta harus terus menerus. Organisasi yang ada di universitas, sekolah dan juga kelompok belajar, ataupun dalam masyarakat adalah menjadi sebuah tempat wadah yang tepat untuk melatih mental, terutama saat tampil di depan publik.

3. Pemecah Masalah
Permasalahan sering kali terjadi dalam sebuah organisasi baik masalah teknis ataupun nonteknis seperti perbendaan pendapat, disitulah terjadi pemecahan atau penyelesaian masalah.

Nah, dengan pemecahan masalah yang terjadi, maka akan memberikan kita banyak pelajaran dalam kehidupan di masyarakat majemuk dan juga membuat kita semakin kompleks.

4. Menambah Pengetahuan dan Wawasan
Bagi seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi maupun pelajar dalam sekolah menengah pertama, masih banyak yang misalnya belum terlalu mahir dalam bidang teknologi.

Namun karena dalam sebuah organisasi sangat menginginkan dan menuntut para anggotanya agar terus selalu menunjukan perkembangan, maka hal inilah yang membuat anggota sebuah organisasi terpacu untuk mengembangkan pola pikir dan kemampuannya agar sesuai dengan zaman yang terus maju dan berkembang.

Dengan demikian organisasi yang berjalan tersebut akan menjadi semakin menarik serta menambah pengetahuan dan wawasan bagi orang-orang yang ada di dalamnya.

5. Meningkatkan Soft Skill
Jika ikut dalam organisasi maka soft skill yang mungkin merupakan bakatterpendam, kemampuan atau keterampilan yang ada bagi setiap manusia akan meningkatan seperti pola berpikir yang semakin terasah dan matang, spontan pemikiran yang terbilang cepat saat dihadapkan dengan masalah yang membutuhkan solusi dalam waktu singkat.

6. Banyak Kenalan dan Relasi
Salah satu hal yang paling penting yang menjadi penentu suksesnya sebuah organisasi adalah relasi atau kenalan. Dalam beberapa organisasi, seringkali memang mengharuskan para anggotanya untuk menjalin relasi dengan organisasi atau pihak lainnya dengan tujuan mendapatkan sponsor atau berupa bantuan dana untuk membiayai semua kegiatan yang berlangsung dalam organisasi tersebut.

7. Belajar Memimpin
Jika menyinggung tentang memimpin, semua orang sebenarnya adalah pemimpin atau setidaknya pemimpin bagi diri sendiri. Semua orang juga punya kesempatan untuk menjadi pemimpin bagi orang banyak namun tak semua orang mampu melakukannya.

Dengan demikian organisasi merupakan wadah yang paling tepat untuk melatih jiwa kepemimpinan yang dimiliki seseorang supaya bisa lebih terasah yakni dengan lebih mengutamakan kepentingan orang banyak dibandingkan dengan kepentingan diri sendiri.

8. Belajar Banyak Karakter
Lain lubuk lain pula ikanya. Begitulah kata pepatah yang dapat diartkan bahwa setiap orang memiliki sifat atau karakter yang berbeda. Di dalam sebuah organisasi tentu terdiri dari banyak orang pastilah memiliki karakter berbeda dari satu orang dengan orang lainnya. 

Inilah yang akan sangat membantu untuk memperkaya sekaligus belajar banyak karakter orang dan membuat kita bisa selalu bergaul tanpa harus membeda-bedakan antara satu orang dengan orang yang lainnya.

Itulah artikel yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini dan semoga bermanfaat. Sebelum mengikuti atau bergabung dalam sebuah organisasi, akan lebih baik memahami lebih dulu tujuan dan misi dari organisasi tersebut sekaligus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang organisasi itu dan menyesuaikan kepribadian anda sehingga bisa sejalan dan tidak salah dalam memilih organisasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel