Ternyata Ini Faktor Yang Mempengaruhi Minat

Ternyata Ini Faktor Yang Mempengaruhi Minat


Berbicara tentang minat bukanlah hal yang asing lagi dibicarakan apalagi dikalangan pendidikan, minat adalah rasa ingin melakukan sesuatu yang ada dalam diri seseorang tanpa adanya keterpaksaan dalam dari pihak manapun. Pengertian tentang minat para ahli memiliki perspektif bermacam-macam seperti menurut Kamisa (1997) dalam buku Pikologi Belajar karya Drs. H. Makmun Khairani, M.Pd. Psikolog, minat diartikan sebagai kehendak atau keinginan atau kesukaan. Minat pada hakekatnya merupakan sebab akibat dari pengalaman yang terjadi. Minat berkembang sebagai hasil daripada suatu kegiatan dan akan menjadi sebab akan dipakai lagi dalam kegiatan yang sama. (Crow and Crow, 1973)

Sekarang para pembaca sudah tahu arti minat, maka patut juga mengetahui faktor yang mempengaruhi minat tersebut. karena segala sesuatu hampir tidak ada yang tidak memiliki faktor yang mempengaruhi, pun demikian dengan minat. dari beberapa buku yang saya baca ternyata ini dia faktor-faktor yang mempengaruhi minat yang saya sajikan kepada para pembaca wahana belajar. Sebelum saya paparkan apa-apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat tersebut saya ucapakan beribu terima kasih kepada para pembaca yang telah sudi dan setia berkunjung ke wahana belajar, berbagai ide atau pendapat dari pembaca sangatlah kami harapkan untuk kemajuan website wahana belajar juga untuk menunjang kualitas dari artikel-artikel yang wahana belajar upload untuk para pembaca. Oke, inilah beberapa faktor yang mempengaruhi minat.

1. The Factor Inner Urge
Fakto yang pertama yang mempengaruhi minat adalah inner urge atau rangsangan yang datang dari lingkungan atau ruang lingkup seseorang. Karena rangsangan atau ruang lingkup yang sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan seseorang akan dengan mudah menimbulkan minat. misalnya saja kecenderungab terhadap belajar, dalam hal ini seseorang mempunyai hasrat ingin tahu terhadap suatu ilmu pengetahuan.

2. The Factor Social Motive
Jika tadi dipengaruhi oleh rangsangan dari ruang lingkup, maka faktor yang kedua yang mempengaruhi minat seseorang terhadapp obyek atau sesuatu hal adalah faktor yang datang dari dalam diri manusia itu sendiri dan motif sosial. Misalnya seseorang sangat berminat untuk mendapatkan suatu prstasi yang tinggi agar mendapat status sosial yang tinggi pula.

3. Emotional Factor
Faktor perasaan dan emosi ini mempunyai pengaruh terhadap obyek misalnya perjalanan sukses yang dipakai individu dalam suatu kegiatan tertentu dapat pula membangkitkan perasaan senang dan juga dapat menambah semangat atau kuatnya minat dalam kegiatan tersebut. begitu juga sebaliknya kegagalan yang dialami akan menyebabkan minat seseorang berkembang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel