4 Fungsi Minat Dalam Belajar

4 Fungsi Minat Dalam Belajar


Kita tidak bisa memungkiri bahwa untuk sukses dalam segala hal ditentukan oleh minat terhadap hal tersebut, begitu juga dengan belajar. Minat untuk belajar sangatlah penting untuk menentukan produktif atau tidaknya sebuah pembelajaran yang dilakukan. Karena jika belajar bukan karena minat atau karena adanya paksaan dari pihak-pihak tertentu akan menjadi bercuma ibarat kata orang “masuk telinga kanan keluar telinga kiri” artinya apa yang dilakukan sia-sia dan tidak membuahkan hasil melainkan hanya membuang waktu.

Kali ini wahana belajar akan berbagi pengetahuan tentang fungsi dan pentingnya minat dalam pelaksanaan belajar atau study, antara lain :

1. Minat Memicu Konsentrasi
Dengan adanya minat dalam belajar konsentrasi seseorang akan sangat mudah terpicu dari dalam pikirannya. Perhatian serta merta diperoleh dengan secara wajar dan tanpa adanya pemaksaan tenaga kemampuan seseorang memudahkan berkembangnya konsentrasi atau kefokusan, yaitu dengan pemusatan pemikiran kepada suatu pelajaran.

Oleh karena itu, tanpa adanya minat konsentrasi terhadap pelajaran mustahil didapatkan. Coba seandainya seseorang diminta untuk belajar matematika padahal dia sama sekali tidak menyukai atau tidak memiliki minat terhadap matematika pastilah pembelajaran yang dilakukan akan menjadi sia-sia tanpa membuahkan hasil sama sekali melainkan capek. Begitu pun dengan belajar yang lain.

2. Minat Mencegah Terganggunya Perhatian dari Luar
Minat belajar juga akan mencegah terjadinya hal-hal yang dapat mengganggu perhatian belajar yang bersumber dari luar misalnya orang berbicara, atau pengaruh cuaca yang sedang hujan atau badai, dan sebagainya.

Seseorang akan sangat mudah terganggu perhatiannya terhadap belajar atau perhatiannya sering teralihkan dari pelajaran dikarenakan hal-hal lain yang terjadi diluar. Hal itu akibat dari tidak adanya minat dalam belajar atau jika pun ada sangatlah kecil.

Salah seorang akan rela pergi ke tempat belajar atau misalnya ke sekolah meskipun dalam keadaan hujan dikarenakan adanya minat, jika tidak adanya minat pasti timbul alasan-alasan seperti tidak bisa fokus belajar karena suara hujan ribut dan sebagainya.

Seseorang santri tidak memperdulikan dinginnya shubuh saat mengikuti pengajian atau belajar agama juga dikarenakan oleh adanya minat. Apapun yang terjadi perhatian terhadapt belajar jika didasari minat.

3. Minat Membuat Pelajaran Melekat dalam Ingatan
Dalam belajar tentulah mengingat pelajaran adalah salah satu tujuan sebelum mengimplementasikan yang dipelajari. Kemampuan dalam mengingat materi pelajaran hanya akan terlaksana jika seseorang memiliki minat erhadap pelajaran tersebut. Sebagai contoh yaitu jika kita membaca suatu buku dengan didukung minat yang kuat pasti akan mampu mengingatnya dengan sangat mudah walaupun hanya dibaca atau disimak sekali. Demikian juga sebaliknya, jika tidak memiliki minat, dihafal berulang-ulang pun tetap saja akan dengan mudah terlupakan.

4. Minat Memperkecil Kebosanan Belajar
Hal yang paling melanda dunia pembelajaran pagi pelakunya adalah rasa bosan, banyak hal-hal yang menyebabkan seseorang merasa bosan dalam belajar, entah itu sebab yang datang dari luar atau dari dalam, oleh diri sendiri atau orang lain. Kebosanan dalam belajar yang paling sering melanda seseorang adalah kebosanan berasal dari dalam diri seseorang itu sendiri yang dilatar belakangi oleh kurang atau bahkan tidak adanya minat dalam belajar. 

Karena pikiran menganggap sepele belajar yang terjadi secara terus menerus dan otomatis tidak akan memikat perhatian atau minat. Sebab itulah kebosanan yang dialami oleh seseorang dalam belajar hanya akan bisa terhapuskan dengan hanya menumbuhkan minat belajar lalu meningkatkan minat tersebut setinggi-tingginya.

Jika minat telah ada apapun yang menghalangi atau yang dapat menyebabkan kebosanan yang datang dari luar tidak akan menjadi pengaruh sama sekali.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel