Lafran Pane Bukan kader HMI

Dengan yakin saya katakan bahwa Lafran Pane itu bukan kader HMI.
HMI saat itu belum ada, lalu Ia bentuk itu organisasi yang dinamakan HMI (Himpunan Mahasiswa Islam). Sehingga adalah HMI pada tahun ketiga kemerdekaan dan sampai saat ini HMI itu masih ada. Dari itu barulah Lafran Pane merupakan Tokoh HMI sekaligus pendiri organisasi besar ini.


Lalu kita-kita ini yang sudah ber-HMI, sudah melalui proses perkaderan minimalnya LK-1, dimana dalam proses perkaderan tersebut kita diajarkan untuk paham terlebih dahulu hakikat perjuangan HMI, dan kita juga dilatih tentang ilmu kepemimpinan, organisasi dan lainnya. Maka merupakan hal yang patut untuk dipertanyakan bahwa yang telah kita berikan untuk bangsa ini adalah apa? yang sudah kita lakukan sebagai bukti bahwa HMI itu berjuang untuk keummatan dan kebangsaan itu mana?

Lebih dari belasan sumber sejarah yang saya baca mengenai HMI, semua sepakat bahwa HMI itu merupakan sebuah organisasi yang powernya tak diragukan lagi, bahkan 42 partai sekalipun tak mampu membubarkan HMI. Dan itu terjadi pada Tahun 1964-1965 yang mana HMI menyebut itu fase perjuangan.


Saya mulai berpikir bahwa harapan oknum-oknum yang tidak menyukai HMI, keinginan untuk membubarkan HMI itu memang sudah sirna. Dan setelah kegagalan mereka membubarkan HMI, visi mereka adalah memburamkan HMI atau membuat HMI itu mundur. Sehingga walaupun HMI itu tetap ada tidak akan berpengaruh bagi  mereka untuk mencapai target dan misi yang sudah lama disetting.

Saya terus mencari referensi lebih lanjut mengenai hal itu, ternyata benar bahwa HMI mengalami kemunduruan. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya sebuah buku “44 Indikator Kemunduran HMI”. Nah dalam indikator tersebut ada dua point yang menarik perhatian saya untuk mendalaminya lebih lanjut.

1.  Menurunnya jumlah mahasiswa baru yang masuk HMI
2.  Lemahnya manajemen organisasi HMI dan sudah ketinggalan zaman, tidak sesuai lagi dengan tuntutan kebutuhan kontemporer.

Tidak terlepas dari masalah internal dan external, hal itu merupakan problema bagi laju organisasi yang sudah berusia hampir 72 tahun ini.

Jadi, sekarang ini power yang dimiliki oleh HMI dipertanyakan, kader yang dimiliki HMI juga dipertanyakan. Apakah benar HMI kehilangan power? Apakah iya HMI mengalami kemunduran yang begitu drastis?


0 Response to "Lafran Pane Bukan kader HMI"

Post a Comment