Beberapa Cara Guru Agar Dapat Menciptakan Lingkungan Belajar yang Positif!

Beberapa Cara Guru Agar Dapat Menciptakan Lingkungan Belajar yang Positif! Ada hubungan langsung antara jenis lingkungan belajar yang guru ciptakan di ruang kelas dan prestasi siswa. Berikut adalah beberapa strategi khusus untuk mengembangkan iklim dan budaya kelas yang optimal.


Mengatasi Kebutuhan Siswa
Ingat bahwa siswa, seperti orang dewasa, tidak hanya memiliki kebutuhan fisik tetapi juga kebutuhan psikologis yang penting untuk keamanan dan ketertiban, cinta dan kepemilikan, kekuatan dan kompetensi pribadi, kebebasan dan kebaruan, dan kesenangan. Siswa didorong untuk memenuhi semua kebutuhan ini setiap saat, bukan hanya dua atau tiga. Ini dapat Anda lakukan untuk dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif.

Menciptakan Rasa Ketertiban
Semua siswa membutuhkan struktur dan ingin tahu bahwa guru mereka tidak hanya mengetahui area isinya, tetapi juga tahu bagaimana mengelola ruang kelasnya. Adalah tanggung jawab guru untuk memberikan ekspektasi perilaku dan akademik yang jelas sejak awal, siswa harus tahu apa yang diharapkan dari mereka sepanjang waktu.

Cara penting lainnya untuk menciptakan rasa keteraturan adalah dengan mengajarkan siswa prosedur yang efektif untuk banyak tugas praktis yang dilakukan di kelas.

Bagaimana Cara Menciptaka Lingkungan Belajar yang Positif?

Sambut Siswa di Pintu Setiap Hari
Saat siswa memasuki ruang kelas Anda, sambut setiap siswa di pintu. Jelaskan bahwa Anda ingin siswa melakukan kontak mata dengan Anda, memberikan salam verbal, dan tergantung pada usia siswa lima besar, tonjolan kepalan tangan, atau jabat tangan. Dengan cara ini, setiap siswa telah memiliki kontak manusia yang positif setidaknya sekali sehari.

Ini juga menunjukkan kepada siswa bahwa Anda peduli tentang mereka sebagai individu. Jika seorang siswa mengganggu atau tidak bekerja sama sehari sebelumnya, itu memberi Anda kesempatan untuk check-in, menjelaskan filosofi "setiap hari adalah batu tulis yang bersih", dan nyatakan optimisme untuk kelas itu ("Mari kita bersenang-senang hari ini").

Biarkan Siswa Mengenal Anda
Siswa masuk ke kelas dengan persepsi guru yang sudah terbentuk sebelumnya. Terkadang itu bagus, terkadang bisa menjadi penghalang. Saya ingin murid-murid saya menganggap saya sebagai manusia tiga dimensi yang dapat dipercaya dan bukan sebagai persepsi dua dimensi tentang “guru bahasa Inggris” yang mungkin sudah mereka miliki.

Ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif, yang dapat Anda coba sekarang juga.

0 Response to "Beberapa Cara Guru Agar Dapat Menciptakan Lingkungan Belajar yang Positif!"

Post a Comment