Definisi Berita Menurut Para Pakar


Sampai sekarang, masih sulit untuk menguraikan secara jelas tentang defenisi berita. Para Sarjana Publisistik maupun Jurnalistik belum merumuskan defenisi secara pasti. Ilmuwan, penulis, dan pakar komunikasi memberikan defenisi berita yang beraneka ragam.

Berikut ini beberapa defenisi berita menurut para pakar:

Dean M. Lyle Spencer
Berita adalah suatu kenyataan atau ide yang benar yang dapat menarik perhatian sebagian besar dari pembaca.

Willard C. Bleyer
Berita adalah sesuatu yang termasa (baru) yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar. Karena itu dapat menarik atau mempunyai makna bagi pembaca surat kabar, atau karena ia dapat bmenarik pembaca-pembaca tersebut.

William S. Maulsby
Berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut.

Eric C. Hepwood
Berita adalah laporan pertama dari kejadian yang penting yang dapat menarik perhatian umum.

Dja’far H. Assegaff
Berita adalah laporan tentang fakta atau I de yang termasa (baru), yang dipilih oleh staf redaksi suatu harian untuk disiarkan, yang dapat menarik perhatian pembaca. Entah karena luar biasa, entah karena pentingnya, atau akibatnya, entah pula karena ia mencakup segi-segi human interest seperti humor, emosi dan ketegangan.

J.B Wahyudi
Berita adalah laporan tentang peristiwa atau pendapat yang memiliki nilai yang penting, menarik bagi sebagian khalayak, masih baru dan dipublikasikan secara luas melalui media massa periodik. Peristiwa atau pendapat tidak akan menjadi berita bila tidak dipublikasikan melalui media massa periodik.

Amak Syariffudin
Berita adalah suatu laporan kejadian yang ditimbulkan sebagai bahan yang menarik perhatian public mass media.

0 Response to "Definisi Berita Menurut Para Pakar"

Post a Comment