Mengenal Manfaat Teori Belajar


Penerapan beberapa toeri belajar dapat memberikan banyak manfaat, baik itu bagi pendidik, bagi peserta didik dan bagi proses pembelajaran. Berikut manfaat teori belajar yang harus diketahui oleh para pendidik profesional.


1. Sebagai pedoman/landasan bagi pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran.
Pemanfaatan berbagai teori belajar bisa menjadi pedoman bagi pendidik untuk menentukan arah pembelajaran. Ini dilakukan untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik dan menjadi pedoman pendidik untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.

Mencari strategi pengajaran yang tepat serta memilih hal-hal yang bisa membantu mengembangkan proses pembelajaran.

2. Membantu pendidik memahami bagaimana peserta didik belajar.
Sebuah kelas terdiri dari beragam peserta didik, masing-masing peserta didik memiliki kemampuan dan motivasi yang berbeda sehingga mereka akan memiliki cara belajar yang berbeda pula. Pendidik dapat mengetahui dan membantu peserta didik belajar dengan memanfaatkan teori belajar. Pemanfaatan teori belajar ini akan memberi gambaran bagi pendidik untuk memilih teori belajar sesuai dengan keadaan perbedaan kemampuan peserta didik.

Toeri belajar akan membantu pendidik untuk memahami bagaimana anak belajar. Anak-anak belajar dengan penguatan, dengan pengalaman, melalui kondisi dan latihan, dan lain sebagainya. Dengan menguasai berbagai teori belajar akan membantu guru menentukan sikap/tindakan yang tepat untuk membantu peserta didik dalam belajar.

3. Membantu pendidik untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih efektif dan efesien.
Perbedaan kemampuan, keadaan dan sikap peserta didik bisa saja menjadi masalah dalam belajar, namun sebaliknya semua itu harus mendapatkan penanganan yang baik dari pendidik, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Jika pendidik telah memahami bagaimana siswanya belajar, maka ia sudah bisa menentukan bimbingan apa yang bisa ia lakukan untuk siswanya, sehingga ini akan menambah kekreatifan proses pembelajaran. Tindakan pendidik yang tepat akan lebih menghemat waktu, sehingga siswa bisa belajar sesuai dengan tujuannya tanpa membuang waktu, tenaga dan biaya, sehingga terwujudnya pula proses pembelajaran yang efektif dan efesien.

4. Membantu pendidik untuk merancang dan  merencanakan proses pembelajaran.
Pemanfaatan teori belajar tidak saja membatu peserta didik belajar, namun juga akan membantu pendidik untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan perbedaan kemampuan dan keanekaragaman anak didiknya. Memilih metode, strategi, dan media yang tepat untuk menyampaikan informasi dalam proses belajar pada anak didiknya.

5. Menjadi panduan pendidik dalam mengelola kelas.
Pengelolaan kelas yang baik tergantung pada kemampuan pendidik profesional untuk mengarahkan peserta didik untuk mengikuti arahannya. Dengan memanfaatkan teori belajar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, ini bisa menjadi panduan pendidik dalam mengelola kelas, karena pendidik sudah mengetahui detail, bagaimana pribadi, sikap dan kemampuan siswa.

Pendidik juga akan bisa memilih tindakan yang cocok untuk membimbing siswa, sehingga mempermudah pendidik mengelola kelas.

6. Membantu pendidik mengevaluasi/menilai proses pembelajaran, sikap pendidik serta hasil belajar yang telah dicapai.
Setiap proses pembelajaran tidak pernah luput dari kekurangan. Pendidik profesional juga memiliki berbagai keterbatasan dalam melakukan proses pembelajaran, karena itu perlu diadakan evaluasi. Evaluasi ini dilakukan untuk melihat sejauh mana ketercapaian dan keberhasilan tujuan pembelajaran yang telah dicapai. Hasilnya dapat menjadi pedoman untuk pembelajaran yang berikutnya serta menjadi ajang perbaikan.

Tidak saja dari segi hasil belajar, pemanfaatan teori belajar juga membantu pendidik untuk menilai diri/introspeksi diri, tidandakan apa yang sudah dilakukan dengan baik, dan tidankan apa pula yang mungkin perlu diperbaiki pendidik di waktu yang akan datang.

7. Membantu pendidik memberikan dukungan dan bantuan pada peserta didik agar peserta didik dapat mencapai prestasi optimal dan kesuksesan belajar.
Perbedaan kemampuan dan kepribadian siswa tentu membutuhkan penanganan yang berbeda. Dengan pemanfaatan teori belajar, pendidik bisa menilai bagaimana siswanya belajar, sehingga ini mempermudah pendidik untuk memberikan arahan dan  bantuan serta masukan bagi peserta didiknya untuk terus mengembangkan potensi yang ada, mencapai prestasi yang diinginkan.

Pendidik tiada henti memberikan dukungan, semangat serta memotivasi peserta didik agar bisa mencapai kesuksesan belajarnya.

8. Membantu pendidik membangun karakter pada diri peserta didik.
Pada dasarnya setiap peserta didik adalah individu yang baik, namun lingkungan dan bagaimana cara ia menjalani kehidupan ikut serta memberikan pengaruh untuk pembentukan karakter seseorang. Dengan memanfaatkan teori belajar yang ada, ini dapat membantu pendidik untuk terus  menanam karakter diri yang baik bagi peserta didik.

Dengan membantu proses belajarnya, pendidik bisa menanamkan nilai-nilai, melalui reward, penguatan dan lain-lain.

Jadi, secara singkat dapat disimpulkan bahwa manfaat teori belajar bagi pendidik dalam mengelola pembelajaran  adalah :

1. Membantu pendidik untuk memahami bagaimana peserta didik belajar
2. Membimbing pendidik untuk merancang dan merencanakan proses pembelajaran
3. Membantu pendidik untuk mengelola kelas
4. Membantu pendidik untuk mengevaluasi proses, perilaku guru sendiri serta hasil belajar peserta didik yang telah dicapai.
5. Membantu proses belajar lebih efektif, efesien dan produktif
6. Membantu pendidik dalam memberikan dukungan dan bantuan kepada peserta didik sehingga dapat mencapai hasil prestasi yang maksimal.

Dengan mengetahui sekian banyak manfaat dari penerapan teori pbalajar, maka ini bisa menjadi solusi bagi pendidik dalam menghadapi setiap persoalan dalam pembelajaran. Dengan adanya teori belajar dan pembelajaran, guru bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menjadi pendidik yang profesional dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang tepat, pemilihan strategi yang sesuai, memberikan bimbingan atau konseling, memfasilitasi dan memotivasi belajar peserta didik, menciptakan iklim belajar yang kondusif, berinteraksi dengan peserta didik secara tepat dan memberi penilaian secara adil terhadap hasil pembelajaran.

0 Response to "Mengenal Manfaat Teori Belajar"

Post a Comment