3 Kiat Ampuh Untuk Mencerdaskan Anak


Memiliki anak yang tumbuh menjadi orang cerdas dan pintar dalam segala bidang memang merupakan keinginan yang wajar bagi setiap orang tua. Hal itu jangan saja sebagai harapan atau keinginan, tetapi juga harus disertai dengan adanya aksi nyata. Lalu, tindakan apa yang mesti dilakukan untuk mewujudkan harapan dan keinginan itu?

Dalam kenyataan kehidupan, tidak semua orang tua mempunyai ilmu atau pengetahuan yang memadai dalam membuat anak-anaknya tumbuh pintar atau menjadi seorang anak yang cerdas.

Nah, hasilnya pertumbuhan dan perkembangan anak pun hanya sebatas mengikuti lingkungannya saja, baik lingkungan tempat ia tinggal, lingkungan tempat ia bermain maupun lingkungan sekolahnya. Hal ini tentunya tidak maksimal dalam meningkatkan kecerdasan anak dalam pertumbuhannya.

Namun tidak perlu risau, pada artikel ini akan diulas kiat-kiat ampuh dalam menjadikan anak semakin cerdas.

1. Memberi ASI Agar Kecerdasan Optimal
Dalam berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli, air susu ibu atau yang biasa disebut ASI terdapat fungsi yang teramat penting terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak baik itu fisik, otak, maupun organ tubuh lainnya. Anak yang mendapat ASI yang cukup dari ibunya yaitu di usia 0-2 tahun memiliki kemampuan kecerdasan yang lebih jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mendapat ASI yang cukup dari ibunya atau atau anak-anak yang hanya mengkonsumsi susu formula yang sudah diolah di pabrik. Hal itu telah dibuktikan dalam penelitian.

Jadi, jika seorang Ibu menginginkan anaknya tumbuh menjadi cerdas dan pintar maka berilah ia ASI yang cukup sampai usia 2 tahun.

2. Mengajak Anak Bicara
Mengajak anak bicara? Iya, jika anda salah seorang ibu yang ingin anaknya cedas maka sering-seringlah mengajak anak bicara meskipun ia belum pandai bicara. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi anak yaitu dapat menambah perbendaharaan kata baginya. Bukan itu saja, aktivitas itu juga sebagai cara ampuh melatihnya untuk berbicara.

3. Mengenalkan Musik Pada Anak
Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan usia anak. Musik memiliki peran atau fungsi tersendiri dalam mencerdaskan otak seseorang, begitu juga pada anak. Coba perhatikan saat si kecil mendengar music entah itu dari TV, Handphone atau media lainnya seperti pemutar MP3 khusus. Kebanyakan tubuh mereka pasti akan bergerak-gerak mengikuti dan menikmati irama music yang ia dengar. Nah, itulah bukti bahwa music juga dapat mempengaruhi kecerdasan otak.

Itulah tiga kiat ampuh mencerdaskan anak yang dapat kami begikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "3 Kiat Ampuh Untuk Mencerdaskan Anak"

Post a Comment