3 Manfaat Perpustakaan Bagi Mahasiswa


Membaca merupakan hal yang sangat bermanfaat dan berguna agar menambah wawasan dan pengetahuan. Dalam al-quran sendiri kita diperintahkan untuk membaca. Apa lagi bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di universitas atau perguruan tinggi, membaca merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang studynya di perguruan tinggi tersebut.

Bukti betapa pentingya membaca juga dapat kita lihat dari banyak forum-forum literasi yang mengajak kita untuk rajin membaca dengan dibukanya lapak baca. Hal lain yang menguatkan betapa pentinya membaca adalah adanya slogan atau kata bijak yang diungkapkan oleh para orang-orang hebat terdahulu. Misalnya "membaca adalah jendela dunia". Ungkapan itu mengartikan bahwa jika kita ingin tahu lebih luas tentang dunia maka membaca adalah satu dari caranya.

Pada perkembangan kehidupan kita saat ini, sangat banyak upaya-upaya yajng dilakukan oleh pemerintah atau kalangan pendidikan untuk menunjang kemauan membaca.

Misalnyan seperti adanya perpusatkaan di setiap jenjang pendidikan. Sebagai contoh di perguruan tinggi. Perguruan tinggi biasanya sudah barang tentu memiliki perpustaklaan dengan buku yang sangat banyak. Nah buku-buku yang banyak itu bisa dimanfaatkan dalam membaca. Keberadaan perpustakaan sebenarnya bukan terfokus pada membaca pelajaran atau mata kuliah saja, tetapi banyak hal lain yang bida di dapat dari membaca.


Peran perpustakaan pada perguruan tinggi memang memberi kemudahan untuk membaca. Tetapi, ada manfaat lain dari keberadaan perpustakaan tersebut bagi mahasiswa.

Itulah yang akan saya share kepada sobat kali ini, tentang apa sih manfaat perpustakaan bagi mahasiswa? Yukk baca sampai habis.

1. Menambah Wawasan
Keberadaan perpustakaan bagi mahasiswa adalah dapat menambah wawasan, bukan berarti wawasan akan bertambah hanya karena adanya perpustakaan. Tetapi perpustakaan tersebut dikunjungi dan buku-buku yang ada dibaca, baru deh menambah wawasan. Karena belajar pada jam mata kuliah saja tidak cukup untuk menunjang pengetahuan dan wawasan kita. Selain materi yang terbatas, waktu atau proses perkuliahan tersebut juga terbatas. So, dari membaca inilah kita dapat menambah pengetahuan dan wawasan.

2. Mengisi Waktu Luang
Di kampus biasanya ada jam istirahat. Nah, jam istirahat tersebut merupakan waktu luang yang dapat diisi dengan membaca di perpustakaan, mencari ide baru melalui buku-buku yang ada. Daripada sobat mondar-mandir nggak jelas, mendingan ke perpustakaan.

3. Referensi Tugas
Mahasiswa sudah barang pasti sering sekali dihadapkan dengan tugas-tugas kampus seperti makalah. Nah, dengan adanya perpustakaan, kita tidak repot-repot beli buku hanya untuk mencari referensi untuk tugas yang kita kerjakan. Cukup datang ke perpustakaan dan temukan buku yang dimaksud. Jangan selalu Copy Paste dari internet.

Itulah 3 manfaat perpustakaan bagi mahasiswa selain dari membaca. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 7 Fakta Unik Mahasiswa di Hari Libur

0 Response to "3 Manfaat Perpustakaan Bagi Mahasiswa"

Post a Comment