Lakukan 4 Hal Ini Dijamin Anda Akan Memiliki Wawasan Luas


Memiliki wawasan yang luas adalah salah satu ciri seseorang mempunyai kualitas intelektual yang tinggi. Orang yang memiliki wawasan yang luas biasanya pasti akan memiliki daya berpikir yang kritis, teoritis, dan aktif juga. Bahkan dalam kenyataannya orang-orang yang sukses jika kita lihat adalah orang-orang yang memilki wawasan luas. Dengan memilki wawasan luas seseorang juga akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat atau orang lain, sehingga mereka mudah diterima dimana saja.

Sebab itu sangat banyak orang yang ingin memiliki wawasan luas tetapi tidak bisa mewujudkannya atau hanya bertanya-tanya bagaimana agar memiliki wawasan luas, banyak juga yang menyadari caranya tetapi malas dalam prakteknya atau belum mendapat cara yang mudah dikerjakan.

Disini wahana belajar akan berbagi pengetahuan seputar cara agar seseorang memiliki wawasan yang luas.

Anda hanya perlu melakukan 4 kiat berikut ini agar bisa memiliki wawasan yang luas.

1. Rajin Membaca
Membaca yang saya maksud disini bukanlah terpaku pada rajin membaca buku-buku tertentu saja tetapi selain dari itu. Mungkin anda sering mendengar kata-kata bijak “membaca adalah jendela dunia”. Memang benar bahwa membaca adalah diibaratkan dengan jendela dunia karena dengan membaca kita bisa melihat dunia luar. Misal jika kita tidak pernah ke Amerika kita bisa tahu tentang amerika dengan membaca buku tentang amerika, kehebatan amerika dan lain sebagainya.

Nah, seperti yang saya katakan tadi membaca disini bukanlah membaca buku tertentu saja tetapi selain dari itu seperti membaca surat kabar, majalah, dan sejenisnya. Anda tidak akan tahu apa yang terjadi di negara atau daerah lain jika tidak membaca surat kabar tentang itu. So, rajinlah membaca.

2. Tidak Malu Bertanya
Seperti kata pepatah “malu bertanya sesat di jalan”. Maksudnya adalah jika kita malu untuk bertanya kita tidak akan sampai pada tujuan yang kita maksud. Rajin-rajinlah bertanya tentang apa yang tidak anda ketahui kecuali soal jodoh, karena jodoh hanya Tuhan yang tahu. Hehe...

Oke, bertanya disini adalah bertanya hal-hal penting kepada orang-orang tertentu yang dianggap penting utnuk ditanya seperti menanyakan tentang perkembangan pendidikan kepada pakar pendidikan, atau bertanya soal kejadian yang terjadi disuatu negara kepada orang yang baru berkunjung ke negara tersebut dan lain sebagainya.

3.  Berdiskusi
Membaca dan rajin bertanya saja rasanya masih belum cukup jika anda memang benar-benar ingin melejitkan wawasan. Iringinlah dengan sering-sering berdiskusi bersama orang-orang yang anda kenal atau juga tidak sempit kemungkinan untuk berdiskusi dengan orang-orang baru yang mungkin baru anda kenal atau temui pada acara-acara tertentu seperti pada seminar, penyuluhan, maupun pelatihan-pelatihan tertentu yang anda ikuti. Dengan sering berdiskusi anda bisa bertukar ide atau pendapat dari orang lain tentang pengetahuan yang mesti anda ketahui.

4. Browsing
Browsing adalah istilah dari mencari sesuatu di internet, selain istilah browsing juga ada istilah lain seperti ngegoogling atau berselancar di dunia maya yang tujuannya adalah mencari pengetahuan tertentu. Nah, jika anda ingin memperluas wawasan brwosing juga salah satu alternatif yang tidak salah untuk dijadikan pilihan. Karena di internet bisa dikatakan semuanya ada, tentang bisnis, ekonomi, perkembangan dunia, hiburan dan lain sebagainya yang juga tak terkecuali tentang keagamaan.

Namun, dalam browsing di internet anda mestilah melakukannya dengan bijak dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak mesti dilakukan seperti mengarah pada unsur pornografi. Karena di internet juga ada hal-hal negatif selain daripada positif, itulah sebabnya anak-anak dilarang keras menggunakan internet tanpa pengawasan.

0 Response to "Lakukan 4 Hal Ini Dijamin Anda Akan Memiliki Wawasan Luas"

Post a Comment